ARTI UCAPAN “SUDAH SELESAI” DI KAYU SALIB

2596f823346c97caf0bd368da6d777f7Kita tahu bahwa kata-kata terakhir dari seseorang sebelum mereka menutup mata adalah kata-kata terpenting dalam kehidupan seseorang. Biasanya, seluruh keluarga dikumpulkan untuk mendengarkan beberapa patah kata terakhir dari orang yang akan meninggal. Dua kata di atas “SUDAH SELESAI” merupakan dua kata terakhir yang YESUS ucapkan sebelum DIA menyerahkan nyawaNYA di atas kayu salib. Anda bisa membaca peristiwa ini di dalam Yohanes 19:30.

Kata-kata ini tidak terdapat di ketiga kitab Injil lainnya (Matius, Markus, dan Lukas), karena pada saat kejadian YESUS mengatakan hal ini, mereka tidak ada di sana, mereka melarikan diri. Hanya Yohanes, satu-satunya murid Yesus, yang berada di tempat kejadian, menyaksikan sepenuhnya penderitaan yang dialami YESUS. Kedua kata ini memiliki makna yang sangat dalam di dalam kehidupan ke-Kristenan. Jika kita tidak memahami arti dari perkataan YESUS yang satu ini, mungkin sekalipun kita sudah menjadi orang Kristen sejak lama, kita bisa kehilangan bagian terpenting dari kehidupan ke-Kristenan, yaitu pengorbanan YESUS di atas kayu salib.

(Baca juga: YESUS MENYERAHKAN DIRI, BUKAN DITANGKAP)

SonOfGod2Kata “Sudah Selesai” ini ditulis dalam bahasa Yunani “tetelestai”, beberapa orang menulis “teleios”, atau dalam bahasa Ibrani “Kaw-Lah”. Artinya sudah selesai, sudah sempurna, semuanya sudah sesuai yang direncanakan, semua sudah sesuai dengan yang diinginkan, dan semuanya sudah diterima.

Banyak orang Kristen berpikir, bahwa YESUS hanya menyelesaikan sebagian atau sebagian besar apa yang diinginkan Bapa Sorwagi. Tapi, bukan itu yang dikatakan oleh ALKITAB. ALKITAB mengatakan YESUS sudah menyelesaikan semua yang diinginkan dan direncanakan Bapa. Dan Yesus menyelesaikannya dengan sempurna, tanpa kekurangan sesuatu apa pun.

Teman, Anda tahu betapa pentingnya fakta ini? Ini merupakan fakta yang seringkali dilewatkan begitu saja orang Kristen dan gereja pada umumnya. Kebanyakan orang mengatakan bahwa masih ada hal-hal yang belum diselesaikan oleh YESUS. Pekerjaan YESUS belum tuntas. Itu yang menyebabkan begitu banyak orang Kristen mencoba melakukan sesuatu untuk menyelesaikan pekerjaan yang mereka pikir belum diselesaikan oleh YESUS.

Berikut 10 hal yang YESUS selesaikan di atas kayu salib:

1. Menghapuskan seluruh dosa dunia: dosa yang dulu, sekarang, dan akan datang (Ibrani 9:28, Ibrani 10:10-21)
2. Menanggung setiap jenis sakit penyakit (1 Petrus 2:24, Yeremia 33:6)
3. Mematahkan segala jenis kutuk Hukum Taurat (Galatia 3:13)
4. Mematahkan kemiskinan supaya Anda dan saya hidup diberkati (2 Korintus 8:9)
5. Melepaskan kuasa bagi semua orang yang percaya kepada YESUS (Yohanes 1:12)
6. Memberikan hati yang baru sehingga Roh Kudus dapat tinggal di dalam setiap hati manusia (Yohanes 14:26, Roma 8:11)
7. Mengembalikan hubungan antara TUHAN dan manusia (Matius 27:51)
8. Memberikan kehidupan kekal bagi orang percaya (Yohanes 3:16, 1 Korintus 15:54-55)
9. Membatalkan Hukum Taurat dengan segala peraturan dan ketentuannya (Efesus 2:15)
10. Dikuduskan, dibenarkan, disucikan sekali untuk selama-lamanya (Ibrani 10:10)

Teman, Anda tahu apa yang paling menyenangkan dari kebenaran di atas? Semuanya diberikan secara cuma-cuma kepada Anda. Firman Tuhan katakan dalam Roma 3:34 bahwa kita telah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan TUHAN, namun oleh kasih karuniaNYA kita dibenarkan dengan cuma-cuma melalui karya penebusan Kristus YESUS. Oh, haleluya!

(Baca juga: DOSA KITA YANG AKAN DATANG SUDAH DIAMPUNI)

Saya yakin kalau penebusan YESUS diberikan harga tertentu, maka tidak ada satu manusia pun yang sanggup membayar atau membelinya dengan perbuatan atau pemberian apapun. Puji Tuhan, DIA berikan semua itu gratis bagi Anda dan saya.

lightstock_65946_small_user_179504Teman, tahukah Anda bahwa Anda tidak pernah akan bisa hidup kudus dan benar selama Anda hidup di dalam dunia ini? Itu sebabnya orang-orang Kristen hidup dibenarkan dan dikuduskan melalui karya penebusan YESUS di atas kayu salib. Orang-orang Farisi dan Saduki adalah kelompok orang-orang yang memisahkan diri dari keduniawian dan memilih hidup kudus lebih dari siapa pun yang ada di dalam Bangsa Israel. Namun tetap, kesucian dan kekudusan mereka tidak dapat mencapai standar yang TUHAN inginkan. Di mata YESUS, apa yang orang Farisi dan Saduki lakukan justru tidak baik, karena mereka berusaha hidup benar dan kudus dengan perbuatan dan dengan kekuatan mereka sendiri.

Teman, terimalah fakta bahwa Anda dan saya dibenarkan dan dikuduskan oleh darah YESUS. Bukan karena perbuatan baik Anda, tetapi semuanya karena kasih karunia TUHAN untuk Anda. Ayat 1 Korintus 1:30 mengatakan, “Tetapi oleh Dia kamu berada dalam Kristus Yesus, yang oleh Allah telah menjadi hikmat bagi kita. Ia membenarkan dan menguduskan dan menebus kita.”

(Baca juga: APA KATA YESUS TENTANG HUKUM TAURAT?)

Ketika Anda percaya kepada YESUS, hidup Anda dibenarkan dan dikuduskan oleh darahNYA. Anda tidak perlu berusaha hidup kudus dengan kekuatan atau cara Anda sendiri, tapi sadarilah kematian dan pengorbanan YESUS di atas kayu salib. Sadarilah apa yang telah DIA selesaikan bagi Anda. Bukan apa yang Anda lakukan, tapi apa yang telah YESUS lakukan. Percayalah kepada karya salibNYA. DarahNYA yang kudus tercurah bagi Anda, membasuh hidup Anda dari hari ke hari, menjadikan Anda benar dan kudus di mata TUHAN untuk selamanya. (penulis: @mistermuryadi)

= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =

Semua materi di blog ini saya berikan cuma-cuma bagi para pembaca setia hagahtoday.com. Jika artikel ini memberkati Anda, pertimbangkanlah untuk menabur. Anda bisa memberikan donasi ke:
BCA 7340 12 6160 a/n Zaldy Muryadi.

Advertisements

3 thoughts on “ARTI UCAPAN “SUDAH SELESAI” DI KAYU SALIB

  1. Benar penjelasan di atas,bhw semuanya adalah karya Kristus,kita hanya menerima demi iman,bhw kita tidaK PERLU BERUSAHA untuk mendapatkan hal2 yg tdk dapat kita usahakan.Namun jangan lupa untuk mempertimbangkan ayat2 ini ,yg perlu kita lakukan sesudah menerima keselamatan :
    -Tit 3: 8 Perkataan ini benar dan aku mau supaya engkau dgn yakin menguatkannya,agar mereka yg sudah percaya kpd Allah sungguh2 berusaha melakukan pekerjaan yg baik………….
    -Ibr 4:11 Karena itu baiklah kita berusaha utk masuk ke dlm perhentian itu,supaya jangan seorgpun jatuh karena mengikuti contoh ketidaktaatan itu juga.
    -2 pet 1:5 Justru karena itu kamu harus dgn sungguh2 berusaha untuk menambahkan kpd imanmu kebajikan dan kpd kebajikan pengetahuan ,
    -2 pet 1:10 Karena itu sdr2ku,berusahalah sungguh2 supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh…………..
    -2 pet 3:14 Sebab itu sdr2ku yg kekasih ,sambil menantikan semuanya ini,kamu harus berusaha supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda ………
    Ef 4:3;Gal 2:17;2 kor 5:9,dll
    Gbu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s