CINTA PASTI BERKORBAN

Bahan renungan:

Kejadian 29:18 Yakub cinta kepada Rahel, sebab itu ia berkata: “Aku mau bekerja padamu tujuh tahun lamanya untuk mendapat Rahel, anakmu yang lebih muda itu.”

Kejadian 29:20 Jadi bekerjalah Yakub tujuh tahun lamanya untuk mendapat Rahel itu, tetapi yang tujuh tahun itu dianggapnya seperti beberapa hari saja, karena cintanya kepada Rahel.

Kejadian 29: 27 “… asal engkau bekerja pula padaku tujuh tahun lagi.”

Semua orang pasti pernah mendengar judul di atas, namun sayangnya banyak orang tidak mengerti arti kata-kata di atas. Kata berkorban di zaman kita sekarang telah mengalami penyusutan arti. Anak-anak muda menerjemahkan bahwa berkorban ini adalah rela antar jemput pacarnya, selalu traktir pacarnya, rela disuruh-suruh oleh pacarnya, atau rela dicacimaki pacarnya, dan lain sebagainya. Dan sebagai balasannya, karena saya sudah rela untuk melakukan ini dan itu, saya berhak menggandeng tangan pasangan saya, berhak menciumnya, dan berhak melakukan pelecehan seksual lainnya. Anda tahu bahwa Anda sudah jauh tersesat jika Anda berpikir seperti itu?

Berkorban artinya Anda melindungi dan menjaga pasangan Anda dengan KASIH TUHAN (1 Korintus 13:4-7). Anda tidak melakukan perbuatan yang senonoh terhadapnya. Anda tidak berbuat sesuatu mengatasnamakan cinta untuk memuaskan napsu Anda. Anda tidak mengatakan hal-hal yang manis untuk mengambil keuntungan dari pasangan Anda. Anda rela menunggu untuk melakukan kontak fisik sampai Anda menikah dan diberkati di dalam gereja TUHAN.

Itulah yang dilakukan oleh Yakub ribuan tahun yang lalu. Yakub jatuh hati kepada Rahel dan Yakub diminta Laban untuk bekerja baginya selama tujuh tahun. Setelah tujuh tahun, ternyata Laban bukan memberikan Rahel, melainkan Lea, kakak dari Rahel (Kejadian 29:25-26). Ya, Yakub ditipu! Laban kemudian mengatakan kepada Yakub untuk kembali bekerja baginya selama tujuh tahun lagi jika ingin mendapatkan Rahel (Kejadian 29:27). Yakub lakukan itu dan akhirnya dia mendapatkan Rahel, wanita idamannya. Anda tahu setelah mendapatkan Rahel, Yakub masih kembali bekerja kepada Laban tujuh tahun lagi? (Kejadian 29:30). Total 21 tahun Laban sukses mengerjai Yakub.

Yakub bukan sekadar rela disuruh bekerja selama 21 tahun lamanya demi Rahel, Yakub pun rela MENUNGGU untuk tidak melakukan kontak fisik terhadap Rahel sebelum mereka resmi menikah. Itulah cinta dan pengorbanan yang sesungguhnya. Anda tidak akan menemukan ayat di mana Yakub diam-diam menyelinap ke kamar Rahel dan melakukan perbuatan tidak senonoh terhadap Rahel. Anda tidak akan membaca sedikit tentang Yakub di mana mengambil kesempatan di dalam kesempitan dari Rahel. Yakub berkorban demi Rahel, bukan hanya dengan menunggunya selama 14 tahun, tapi juga dengan cara menjaga kekudusan hubungan mereka. Bagi Yakub pengorbanannya untuk Rahel itu hanya seperti beberapa hari saja (Kejadian 29:20). Itulah indahnya cinta di dalam TUHAN. Cinta itu saling menjaga kekudusan dan sabar menanti. Harusnya itu gaya pacaran yang dilakukan oleh anak-anak TUHAN di zaman ini.

Saya tidak mengerti melihat anak-anak TUHAN yang berpacaran saling berpangku-pangkuan, cium sana sini, dan saling melakukan kontak fisik lainnya seolah itu adalah hal yang biasa. Jangan berpacaran dengan cara dunia ini, Anda sendiri yang akan menanggung akibatnya. Jangan tiru artis atau aktor untuk Anda jadikan pedoman dalam berpacaran. Sebaliknya, jadikan Firman Tuhan pedoman Anda dalam menjalin hubungan dengan pasangan. Alkitab memiliki begitu banyak teladan luar biasa dalam hal berpacaran, salah satunya adalah YAKUB. Mari, saya mengajak kita semua untuk kembali ke gaya berpacaran yang sesuai Firman Tuhan, supaya lewat gaya kita berpacaran, kita dapat menjadi berkat bagi hidup banyak orang. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s