PEMBERIAN YANG BESAR SI JANDA MISKIN

Bahan renungan:

Markus 12:43-44 Maka dipanggilNYA murid-muridNYA dan berkata kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang yang memasukkan uang ke dalam peti persembahan. Sebab mereka semua memberi dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, semua yang ada padanya, yaitu seluruh nafkahnya.”

TUHAN tidak membutuhkan uang Anda, yang DIA butuhkan adalah hati yang memberi. Jika dibandingkan dengan jumlah pemberian orang-orang kaya, tentu saja si janda miskin ini tidak sebanding. Namun yang membuat pemberian orang-orang kaya itu tidak sebanding dengan pemberian si janda miskin di mata YESUS adalah dia bukan hanya memberikan uangnya, tetapi juga memberikan dirinya, masa depannya, kekuatirannya akan hari esok, dan hatinya kepada TUHAN. Bisa Anda bayangkan jika saat ini di rekening Anda tersisa uang 100 ribu rupiah untuk penghidupan Anda sampai akhir bulan? Dengan semua harga bahan baku yang sedang melambung, harga bahan bakar yang tinggi, dan biaya sehari-hari yang besar, apakah cukup hidup dengan 100 ribu rupiah sampai akhir bulan? Tentu saja tidak!

Dalam situasi di atas, banyak dari kita memilih untuk tidak memberi atau mengurangi pemberian karena kuatir dan takut tidak cukup. Kita berpikir uang tersebut dapat menyelamatkan kita besok. Situasi yang sama dihadapi oleh si janda miskin. Namun dia tidak peduli, dia tetap ingin memberi yang terbaik bagi TUHAN yang dia kasihi. Pemberian si janda miskin ini adalah bukti bahwa dia sangat percaya penghidupannya tidak berasal dari uang yang dia miliki, melainkan dari setiap kemurahan dan kebaikan TUHAN. Dia sangat yakin bahwa TUHAN memeliharanya jauh lebih baik dari uang yang dia miliki. Saat seseorang begitu mempercayai TUHAN, seperti si janda miskin di atas, dia tidak akan pernah takut untuk memberikan uangnya, bahkan dirinya kepada TUHAN. Teman, bukankah DIA adalah Gembala Agung kita yang memelihara kita jauh lebih baik dari apa pun dan siapa pun? (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s