BUKAN TUHAN YANG MEMBUAT ANDA SAKIT

Bahan renungan:

1 Petrus 2:24 Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.

Jika Anda membaca Ulangan 27-30, maka Anda akan menemukan fakta bahwa kesehatan dan kesembuhan adalah bagian dari BERKAT dan sakit penyakit adalah bagian dari KUTUK. Ironisnya, banyak anak TUHAN yang bersyukur atas sakit penyakit yang dideritanya dan berpikir bahwa TUHAN yang telah mengizinkan hal tersebut terjadi di dalam hidupnya. Sakit penyakit bukanlah berkat yang harus Anda syukuri. Ya, saya menyadari bahwa di dalam Perjanjian Lama TUHAN memberikan tulah, sakit penyakit kepada bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain yang tidak mengenalNYA. Namun, tidak pernah sekalipun dikatakan bahwa sakit penyakit itu sebagai berkat. Di dalam Perjanjian Lama, penyakit adalah kutuk yang TUHAN berikan kepada mereka yang melanggar HUKUM TAURAT atau perjanjian TUHAN.

Dan hari ini kita bisa bersyukur karena kematian YESUS telah menebus kita sepenuhnya dari kutuk HUKUM TAURAT (Galatia 3:13). DIA menanggung segala kutuk dan hukuman yang seharusnya kita terima akibat berbuat dosa, melanggar perintah TUHAN, tidak hidup kudus, dan lain sebagainya. Jika YESUS sudah menanggungnya dan membayar lunas, artinya Anda tidak perlu lagi menanggung hal itu. Dan artinya TUHAN tidak lagi memberikan kepada Anda hukuman berupa sakit penyakit atau kutuk akibat Anda melanggar perintahNYA.

Teman, saya ingin katakan, YESUS telah menerima segala penghukuman dan penderitaan menggantikan kita 2000 tahun lalu. Jadi bukanlah sesuatu yang Alkitabiah di zaman Perjanjian Baru jika kita mengatakan TUHANlah yang mengizinkan atau memberikan sakit penyakit kepada kita. Karena itu sama saja dengan tidak menghargai karya penebusan YESUS atas sakit penyakit di kayu salib. Justru melalui bilur-bilurNYA, YESUS telah menyembuhkan/menanggung segala sakit penyakit kita.

Teman, iblis adalah sumber segala yang jahat dan TUHAN adalah sumber segala yang baik. Seringkali anak TUHAN mengalami sakit penyakit akibat pekerjaan si jahat, dia masuk ke kamarnya, mengunci pintu, lalu berkata, ” TUHAN, mengapa ENGKAU ijinkan ini terjadi?” Saya ingin bertanya, siapa yang diuntungkan dari situasi ini? Jelas saja, IBLIS. Dia yang membuat masalah di dalam hidup kita, namun anak-anak TUHAN menyalahkan TUHAN. Ijinkan saya mengatakan bahwa hari ini TUHAN ada di pihak Anda. TUHAN bukanlah sumber masalah Anda. Justru DIA ada untuk menyelamatkan, memulihkan, dan menyembuhkan Anda hari ini. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s