JATUH CINTA HANYA BISA KE SATU ORANG

Bahan renungan:

Kidung Agung 6:9 Tetapi dialah satu-satunya merpatiku, idam-idamanku, satu-satunya anak ibunya, anak kesayangan bagi yang melahirkannya; puteri-puteri melihatnya dan menyebutnya bahagia, permaisuri-permaisuri dan selir-selir memujinya.

Banyak orang berkata bahwa Kidung Agung adalah kitab yang tidak senonoh. Tentu saja itu pemikiran yang salah. Kidung Agung merupakan salah satu kitab paling jujur dan romantis yang pernah ditulis oleh seorang pria kepada wanita yang dicintainya. Kidung Agung merupakan tulisan-tulisan yang dibuat oleh Salomo di masa kejayaannya ketika dia sedang jatuh cinta. Dan kitab ini juga merupakan gambaran tentang kasih YESUS kepada mempelaiNYA, yaitu Anda dan saya. Itu sebabnya ALKITAB sering menggambarkan bahwa YESUS adalah mempelai pria dan gereja (Anda dan saya) adalah mempelai wanitanya (Matius 25:1-13). Banyak hal tentang cinta yang dapat kita pelajari melalui kitab ini. Salah satunya adalah tentang judul renungan kita hari ini.

Salomo merupakan raja Israel yang memiliki istri dan selir paling banyak. Bahkan ayahnya, Raja Daud, dikalahkan oleh Salomo dalam hal ini. Namun tahukah Anda bahwa sekalipun Salomo memiliki banyak wanita di dalam hidupnya, namun dia hanya jatuh cinta kepada satu wanita saja? Mungkin Anda berpikir dan berkata kepada saya, “Memangnya Salomo tidak mencintai istri atau selirnya yang lain?”

Teman, saya ingin katakan bahwa manusia hanya bisa jatuh cinta kepada satu orang saja. Jika Anda bertemu dengan orang yang mengatakan dia jatuh cinta kepada dua atau tiga orang atau lebih, itu artinya dia tidak sedang jatuh cinta kepada pasangan-pasangannya. Dia sedang jatuh cinta kepada dirinya sendiri. Ya, sekali lagi saya katakan, manusia hanya bisa jatuh cinta kepada satu orang saja. Entah itu kepada dirinya sendiri atau pun kepada orang lain. Hal yang sama berlaku untuk masalah hal ke-TUHAN-an. Anda tidak bisa mencintai TUHAN sekaligus mencintai DUNIA ini. Jika Anda mencintai DUNIA ini, otomatis Anda tidak mencintai TUHAN, dan berlaku sebaliknya. Firman Tuhan katakan Anda dan saya tidak bisa memiliki dua tuan (Lukas 16:13).

Bagi Anda yang sudah memiliki pasangan atau sedang mencari pasangan hari ini. Mari saya mengajak kita untuk setia hanya kepada satu orang saja. Berikan cinta Anda kepada orang yang tepat dan di saat yang tepat. Jika Anda mencintai seseorang, berikanlah cinta Anda sepenuhnya kepada orang tersebut, sampai tidak ada lagi yang tersisa yang bisa Anda berikan untuk orang lain. Saya tidak sedang berbicara tentang memberikan porsi cinta lebih besar kepada pasangan dibandingkan kepada keluarga Anda. Bukan itu yang sedang saya bahas. Saya sedang membicarakan untuk memberikan sepenuhnya cinta Anda kepada pasangan yang menjadi atau akan menjadi suami/istri Anda.

Sebagai contoh: Anda tahu alasan paling dasar kenapa orang selingkuh? Karena orang tersebut tidak mencintai pasangannya sepenuh hati. Masih ada cinta yang bisa dia sisakan untuk diberikan bagi orang lain, dalam hal ini adalah selingkuhannya. Dan pada dasarnya orang tersebut tidak sedang mencintai pasangannya atau pun selingkuhannya, melainkan dia sedang mencintai dirinya sendiri. Akhir kata saya ingin katakan, tidak ada yang salah dengan jatuh cinta di saat Anda sudah dewasa dan sudah saatnya memiliki pasangan, hanya saja jangan sampai cinta itu menjatuhkan Anda dari TUHAN. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s