JATUH CINTA YANG MEMBUNUH

Bahan renungan:

Hakim-hakim 16:4 Sesudah itu Simson jatuh cinta kepada seorang perempuan dari lembah Sorek yang namanya Delila.

Jatuh cinta adalah hal indah yang TUHAN berikan kepada manusia. Saya sangat percaya TUHAN memberikan kita perasaan bukan untuk menikmati perasaan kecewa, sakit hati, pahit, sedih, duka, gelisah, kuatir, takut, melainkan perasaan mencintai, dicintai, damai, sukacita, senang, dan bahagia. TUHAN ingin kita menikmati perasaan yang baik.

Tapi iblis dan kebobrokan dunia menggoda manusia supaya mereka pergi dari rencana TUHAN yang indah. Pikiran manusia bertambah tumpul, perasaannya cepat pahit, dan tidak berpikir panjang. Perasaan yang paling mengecoh, merusak, dan menghancurkan adalah perasaan jatuh cinta. Hanya ada dua institusi yang TUHAN ciptakan, yaitu gereja dan keluarga. Itu sebabnya kedua hal ini menjadi target utama iblis. Kita akan membahas mengenai keluarga atau hubungan antara pria dan wanita.

Sebelum pria dan wanita menjalin rumah tangga, selalu diawali dengan jatuh cinta. Dimulai dari titik inilah iblis begitu gencar menipu anak-anak TUHAN. Untuk menghancurkan kehidupan rumah tangga, anak-anak, dan hubungan Anda dengan pasangan, iblis cukup merusak hal-hal yang menyebabkan Anda jatuh cinta. Dan saya ingin katakan tidak benar jika ada yang mengatakan jatuh cinta itu tidak bisa ditahan dan datang tiba-tiba. Jatuh cinta tidak datang tiba-tiba dan sangat bisa dikendalikan. Jika Anda bisa jatuh cinta, artinya Anda bisa untuk tidak jatuh cinta. Sama seperti jika Anda bisa gemuk, maka Anda bisa kurus. Anda bisa, tapi masalahnya apakah Anda mau?

Jika di tahap jatuh cinta Anda tidak berpegang kepada Firman TUHAN sebagai pedoman, saya yakin langkah Anda berikutnya dengan pasangan akan semakin menyimpang dari jalan TUHAN. Putuskan jatuh cinta kepada orang yang ingin Anda nikahi, yang seiman, dan sepadan dengan Anda, seperti kata Firman Tuhan. Pernikahan adalah satu-satunya tujuan TUHAN menciptakan jatuh cinta. Jika belum ingin menikah, sebaiknya jangan memutuskan untuk jatuh cinta. Seperti cerita Simson di atas. Tuhan menetapkan bahwa Bangsa Israel tidak boleh mengambil istri dari bangsa lain. Namun Simson memutuskan jatuh cinta kepada Delila yang berasal dari Bangsa Filistin. Kita tahu bahwa Filistin adalah musuh bebuyutan Bangsa Israel. Namun Simson tidak peduli, dia berpikir semuanya akan baik-baik saja sekalipun menyimpang dari ketetapan TUHAN. Teman, saat Anda menyimpang dari jalan TUHAN, seketika itu juga iblis akan mendekat dan menghancurkan Anda. Tidak ada akhir yang baik yang akan Anda dapatkan di luar jalan yang TUHAN tunjukkan.

Awalnya Simson dan Delila menjalin hubungan yang indah. Ya, memang selalu ada masa promosi yang iblis tawarkan. Semuanya seakan terlihat enak dan baik-baik, tapi kita tahu bagaimana akhir cerita pahlawan TUHAN yang gagah perkasa ini. Simson mati dengan cara mengenaskan. Saya sangat yakin TUHAN tidak merencanakan Simson mati dengan cara itu. Tapi Simson memilih jalannya sendiri hanya karena seorang wanita dari “seberang”. Jatuh cinta dengan cara yang salah dan kepada orang yang salah, akan “membunuh” Anda. Teman, tidak ada yang salah dengan jatuh cinta, selama Anda memutuskan jatuh cinta dengan caranya TUHAN, memilih pasangan yang mencintai TUHAN, dan menjalin hubungan di waktu yang tepat. Saya menjamin jika Anda mencintai dan menikahi seseorang dengan memegang teguh Firman Tuhan, Anda juga yang akan menikmati hubungan indah yang TUHAN rencanakan untuk Anda. Keuntungan mengikuti Firman Tuhan sepenuhnya adalah untuk Anda. (penulis: @mistermuryadi)

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.