PENYEBAB ANDA TIDAK MENERIMA JANJI TUHAN

Bahan renungan:

Yakobus 1:6-8 Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin. Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan MENERIMA sesuatu dari Tuhan. Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.

Perhatikan kata “MENERIMA” yang saya besarkan di atas. Ini akan menjadi kata kunci renungan kita hari ini. Sebelum melanjutkan, bacalah ayat di atas sekali lagi. Teman, ada perbedaan yang sangat besar antara tidak menerima sesuatu karena belum atau tidak diberikan dan tidak menerima sesuatu karena ‘salah alamat’, padahal sudah diberikan.

Seperti halnya saya mengirimkan kue ke rumah Anda, tapi Anda salah memberikan nomor rumah Anda. Kuenya sudah saya kirim lewat pos, tetapi Anda tidak menerima kue tersebut. Anda tidak menerima kue itu bukan karena saya belum mengirimnya, melainkan karena Anda salah memberikan nomor rumah Anda alias salah alamat.

Melalui Firman Tuhan, kita tahu bahwa TUHAN tidak pernah menahan kebaikanNYA kepada kita, anak-anak kesayanganNYA (Mazmur 84:11). Lukas 11:11 berkata, “Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan?” Kitab Efesus 1:3 pun dengan jelas menyatakan bahwa TUHAN telah mengaruniakan segala berkat rohani kepada kita. Bukan “AKAN”, tetapi “TELAH”. Namun banyak anak-anak TUHAN yang tidak menerima berkat tersebut. Mereka tidak menerima bukan karena TUHAN belum atau tidak memberikan. Mereka tidak menerima karena tidak percaya bahwa TUHAN telah memberikannya.

Saya bisa maklum jika kepala Anda sedikit ‘berputar’ saat membaca kalimat di atas. Saya tidak sedang salah tulis. Silakan baca sekali lagi supaya Anda paham apa yang saya maksud.

Tanda Anda tidak percaya kepada Firman Tuhan adalah Anda bimbang dan ragu. Alkitab menyebutnya “mendua hati”. Akibatnya, hidup Anda tidak tenang. Mendua hati itu dapat diartikan mendua pikiran. Inilah yang iblis selalu coba lakukan. Iblis cukup membuat Anda bimbang dan ragu. Saat Anda bimbang/ragu, Anda otomatis “menutup pintu” untuk MENERIMA berkat TUHAN.

Contoh: ketika Anda membaca ayat 1 Petrus 2:24 Anda tahu bahwa “Oleh bilur-bilur darah YESUS kita TELAH disembuhkan”. Tapi ketika Anda melihat penyakit di tubuh Anda, Anda berkata, “Lho, ini masih ada penyakitnya, bagaimana mungkin Firman Tuhan katakan saya TELAH disembuhkan?” Itulah maksud kata “mendua hati”. Anda mulai membandingkan kebenaran Firman Tuhan dengan fakta yang mata Anda lihat. Hasilnya, pikiran Anda dan IMAN Anda tidak sepakat. Firman Tuhan dengan jelas mengatakan orang yang seperti ini tidak akan MENERIMA dari TUHAN.

Sekali lagi, orang tersebut tidak menerima bukan karena TUHAN belum memberikannya, karena faktanya TUHAN telah memberikan segala berkat kepada Anda dan saya. Orang tersebut tidak menerima karena tidak percaya (mendua hati) kepada apa yang Firman TUHAN katakan. (penulis: @mistermuryadi)

*Saya akan membahas CARA MENERIMA JANJI TUHAN di dalam renungan besok.

One thought on “PENYEBAB ANDA TIDAK MENERIMA JANJI TUHAN

  1. Setiap pergumulan saya, setiap pertanyaan saya, selalu terjawab lewat postingan-postingan di blog ini. Setiap saya memikirkan suatu masalah, saya membuka blog ini dan seketika menemukan jawabannya. Saya terkejut, sangat terkejut. Tapi saya yakin itu adalah cara Tuhan. Sudah beberapa bulan saya selalu membuka blog ini dan membaca renungan di blog ini. Semuanya selalu mengejutkan saya. Tuhan Yesus sungguh ajaib dan luar biasa. Dia punya cara yang ajaib untuk bicara dengan saya.

    Terima kasih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s