TUHAN MEMANDANG ANDA BERHARGA

Bahan renungan:

Yesaya 43:4 Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.

Kemarin, istri saya (Anda bisa follow di @dollywannaknow) diundang untuk berbagi cerita kepada para remaja wanita di sebuah acara bernama Sisterhood Party. Saat membagikan bahan presentasinya, dia bertanya kepada para peserta, “Seperti apa cantik menurut kalian?” Sebagian besar orang berpendapat, “Tinggi, putih, kulitnya halus, dan wajahnya menarik.” Apakah ini juga pendapat Anda? Lalu istri saya mengatakan, “Sungguh berbeda cara dunia memandang Anda dan cara TUHAN memandang Anda.” Saya mendengar cerita ini dari dia, karena pria tidak diijinkan mengikuti acara tersebut.

Cerita istri saya sangat me-rhema di pikiran saya sepanjang perjalanan kami pulang ke rumah. Teman, sungguh betapa kacaunya dunia ini telah merusak cara berpikir anak-anak TUHAN. Istri saya mengatakan banyak orang yang baru berpikir dirinya berharga ketika ada orang memberi LIKE pada fotonya di facebook atau instagram. Sebagian besar dari mereka pun berpikir mereka berharga kalau banyak orang yang memuji kulit, wajah, atau penampilan mereka. Kalau tidak, mereka akan merasa minder dan merasa dirinya tidak berharga.

Tahukah Anda bahwa semua manusia di muka Bumi ini hidup karena hembusan napas TUHAN? Anda dan saya jauh lebih berharga dari matahari, bulan, bintang, atau bahkan, para malaikat. Tidak ada satu pun makhluk yang kepadanya pernah TUHAN katakan, “Engkau berharga di mataKU dan mulia …” selain daripada manusia, yaitu Anda dan saya.

Dunia ini berusaha mengubah konsep “BERHARGA” dengan cara penampilan yang oke, rambut yang warna warni, kulit putih, tubuh langsing, wangi, dan lain sebagainya. Saya tidak katakan salah untuk berpenampilan menarik atau wangi. Saya pun suka dengan dunia fashion dan secara rutin menggunakan parfum. Namun rasa berharga saya tidak muncul dari situ. Rasa berharga saya tidak datang hanya pada saat ada yang memuji saya. Rasa berharga saya datang ketika saya tahu bahwa TUHAN yang sangat berkuasa, sangat mulia, sangat agung, rela turun menjadi manusia, menanggung setiap dosa, pelanggaran, dan kutuk yang seharusnya saya tanggung di kayu salib. Karena Anda sangat berharga, maka YESUS datang untuk menyelamatkan Anda. Teman, sekalipun dunia ini menganggap Anda aneh, kurang gaul, tidak cantik, atau tidak ganteng, TUHAN semesta alam menganggap Anda adalah anak kesayanganNYA yang paling berharga. Bukankah itu alasan yang lebih dari cukup untuk membuat kita menyadari bahwa diri kita berharga? (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s