DIBENARKAN DAN DIKUDUSKAN OLEH DARAH YESUS

Bahan renungan:

Roma 5:9 Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah.

Selama ratusan tahun kita diajarkan bahwa manusia dianggap benar dan kudus di mata TUHAN karena perbuatan yang manusia lakukan. Selama manusia berbuat salah, manusia tidak akan pernah dipandang kudus dan benar oleh TUHAN. Sungguh bukan itu yang diajarkan oleh Firman Tuhan dalam Perjanjian Baru.

Ya benar, di dalam Perjanjian Lama manusia dibenarkan dan dikuduskan jika mereka mentaati peraturan dan perintah TUHAN, jika tidak, mereka akan dihukum. Tapi hari ini, Anda dan saya hidup di dalam Perjanjian Baru. YESUS telah datang, menderita dan mati menebus dosa serta pelanggaran kita, dan DIA bangkit.

Teman, hari ini Anda tidak lagi dibenarkan dan dikuduskan berdasarkan apa yang Anda lakukan, tapi berdasarkan apa yang YESUS lakukan. Anda dan saya dibenarkan karena darahNYA yang kudus. Darah YESUS telah menutup bungkus hidup Anda untuk selama-lamanya ketika Anda memutuskan untuk percaya kepadaNYA (Ibrani 10:10). Anda selalu layak di mata TUHAN, bukan karena apa yang telah Anda lakukan, tapi karena apa yang telah YESUS lakukan bagi Anda. Anda lihat, bintang utamanya di sini bukan Anda dan saya, tetapi YESUS!

Mungkin Anda bertanya, “Bagaimana bisa hanya dengan percaya kepada YESUS saya dipandang benar dan kudus oleh TUHAN?” Ijinkan saya balik bertanya kepada Anda, “Bagaimana mungkin YESUS yang tidak berdosa, tidak pernah berbuat salah, tidak pernah melanggar perintah TUHAN, disiksa, dihukum, disalibkan karena tubuhnya menanggung dosa seluruh dunia?” Jika YESUS yang sama sekali tidak bercela dapat mengambil segala dosa dan pelanggaran Anda dan memakukannya di atas kayu salib, artinya ketika Anda percaya kepadaNYA, Anda dapat menerima kebenaran dan kekudusan yang DIA berikan.

Jika Anda mengerti apa yang saya bicarakan di atas, Anda dapat menghampiri takhta kasih karunia TUHAN dengan penuh keberanian seperti yang ditulis dalam Ibrani 4:16. Anda tidak lagi merasa tidak layak karena Anda telah berbuat dosa dan lain sebagainya, sebaliknya, Anda jadi merasa selalu layak, karena Anda menyadari bahwa darah YESUS telah membasuh Anda sepenuhnya. Anda selalu layak untuk datang kepada Bapa meminta pengampunan, kesembuhan, kesehatan, berkat, dan lain sebagainya.

Tidakkah Anda menyadari bahwa iblis selalu membuat kita merasa tidak layak dan tertuduh setiap kali kita menghampiri hadirat TUHAN? Seolah ada yang berbisik, “Coba lihat dosa masa lalu kamu? Bukannya tadi pagi kamu baru saja berbuat dosa? Bukankah kamu selama ini melupakan TUHAN, tidak saat teduh, kurang lama berdoa?” dan lain sebagainya.

Iblis tidak ingin anak-anak TUHAN dekat dengan BAPA atau kembali kepada BAPA. Itu sebabnya dia taruh pemikiran bahwa Anda tidak layak di hadapan TUHAN, kecuali Anda berbuat ini dan itu terlebih dahulu. Teman, sekali lagi, Anda dilayakkan, dibenarkan, dikuduskan, bukan karena apa yang Anda lakukan, tapi karena apa yang telah YESUS lakukan. Mari kita berikan segala hormat, pujian, dan kemuliaan bagi YESUS. Haleluya! (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s