DARAH YESUS TERUS MEMBASUH ANDA

Bahan renungan:

1 Yohanes 1:7 Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.

Apakah hari ini iblis sedang berbisik di hati Anda dengan mengatakan bahwa Anda tidak layak masuk ke dalam hadirat TUHAN karena Anda tidak membaca Alkitab atau tidak melayani di gereja? Atau, apakah iblis mengatakan bahwa Anda tidak layak menerima kebaikan dan kemurahan TUHAN karena dosa yang baru saja Anda lakukan? Teman, jangan terkejut dengan bisikan itu, memang itulah yang iblis kerjakan sepanjang hari, membuat Anda merasa tidak pantas dan tidak cukup bersih untuk mendekati TUHAN.

Jika kita melihat yang dikatakan Firman Tuhan tentang hal ini, Anda perlu mengerti bahwa terlepas dari yang Anda rasakan atau lakukan, darah YESUS selalu membasuh Anda dari segala dosa setiap waktu. Bukan hanya pada saat Anda bertobat atau pada saat Anda meminta ampun kepadaNYA, melainkan setiap waktu.

Dalam teks aslinya, kata “membersihkan” dalam ayat di atas merujuk kepada sebuah tindakan yang sedang berlangsung sekarang dan akan terus berlangsung. Artinya, saat Anda percaya kepada YESUS kepada TUHAN dan Juruselamat Anda, saat itu juga darah Yesus tidak pernah berhenti membasuh Anda dari segala dosa. Karena darah YESUS terus membersihkan Anda, non-stop, itu artinya Anda selalu ada di dalam terangNYA.

Saya tidak katakan ini artinya Anda tidak pernah jatuh lagi. Tapi, untuk apa juga Anda merencanakan atau memikirkan apakah Anda akan jatuh lagi besok atau tidak? Jika Anda memang merencanakannya, tidak heran Anda terjatuh lagi? Bukankah lebih baik memikirkan darah YESUS yang terus menerus tercurah bagi Anda, membasuh, dan membersihkan Anda karena kasihNYA yang begitu besar kepada Anda?

Saya tidak mengatakan ini sebagai bentuk dukungan untuk berbuat dosa, justru sebaliknya, supaya Anda menang dari dosa. Anda bodoh jika berpikir dosa menyenangkan. Dosa mengikat, membuat Anda menderita, dan menyesal suatu hari nanti, padahal TUHAN menyediakan kehidupan yang indah dan penuh pengharapan bagi Anda. Tujuan saya menuliskan kebenaran di atas karena saya melihat begitu banyak orang percaya dikuasai dan dihantui perasaan bersalah akibat dosa-dosa yang telah atau sedang mereka lakukan. Mereka berpikir TUHAN marah, menghukum, menjauhi, dan meninggalkan mereka, akibatnya mereka tidak pernah bangkit dan semakin hari semakin jauh dari TUHAN. Firman Tuhan katakan TUHAN tidak pernah meninggalkan kita sedetik pun (Ibrani 13:5).

Teman, setiap kali Anda jatuh ke dalam dosa, katakan kepada diri Anda, “Saya dilayakkan dan dikuduskan oleh darah YESUS. Terima kasih YESUS untuk DarahMU yang terus membasuh dan membersihkan saya.” Anda akan lihat ada ‘sesuatu’ di dalam diri Anda yang mendorong Anda untuk bangkit dan meninggalkan dosa untuk selamanya. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

One thought on “DARAH YESUS TERUS MEMBASUH ANDA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s