KUTUK HUKUM TAURAT

Bahan renungan:

Yakobus 2:10 Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya.

Hukum yang Yakobus bicarakan tidak lain adalah Hukum Taurat. Jika Anda berpikir Hukum Taurat itu adalah 10 Perintah Allah, Anda salah, itu hanya rangkumannya saja. Ada sekitar 613 peraturan yang tertulis di dalam Hukum Taurat. Anda bisa membacanya satu per satu di dalam kitab Ulangan dan Imamat.

Hukum Taurat bukan hanya tentang jangan berzinah, jangan mencuri, dan jangan membunuh saja, tetapi juga dilarang melakukan apa pun di hari Sabat, harus memberi persepuluhan dan persembahan khusus, harus mencuci tangan sebelum makan, tidak boleh memakan hewan berkaki belah seperti onta dan babi, tidak boleh makan darah, tidak boleh memaki ayah ibu, dan masih sangat banyak lagi.

Anda bisa membayangkan Anda tidak dapat menerima kebaikan dan kemurahan TUHAN padahal seumur hidup Anda sudah hidup kudus, namun suatu kali saat sedang marah, Anda tidak sengaja memaki ayah dan ibu Anda?

Mungkin Anda berkata, “Ah, ada-ada saja, masa saya tidak menerima kebaikan TUHAN hanya karena tidak sengaja marah kepada ayah ibu saya?” Anda bisa membacanya di Imamat 20:9. Bahkan hukuman buat orang seperti ini bukan hanya tidak menerima kebaikan TUHAN, tetapi juga harus dihukum mati.

Belum lagi binatang pelahap yang menunggu di pintu rumah, bersiap menghabisi hidup Anda jika tidak memberikan persepuluhan dan persembahan khusus (Maleakhi 3:8-11)? Apakah Anda ingin hidup di dalam Hukum Taurat? Sekadar informasi tambahan, belum ada seorang pun berhasil menjalankan Hukum Taurat dengan sempurna, bahkan orang Farisi dan Saduki di zaman YESUS. Ini salah satu alasan YESUS datang ke dunia, yaitu untuk menggenapi Hukum Taurat (Matius 5:17), supaya Anda dan saya tidak perlu hidup di dalam kutuk Hukum Taurat pada saat Anda gagal memenuhinya.

Firman Tuhan dalam Galatia 3:13 mengatakan, “Kristus telah menebus kita dari Kutuk Hukum Taurat …” Kini yang tersisa untuk orang percaya adalah berkat Hukum Taurat, karena kutuknya telah ditanggung oleh YESUS. Praise the Lord! Anda bisa membaca Ulangan 27-28 untuk tahu apa saja yang termasuk kutuk atau berkat Hukum Taurat. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s