PERUBAHAN = PERTUMBUHAN

Roma 12:2 tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu …

Semua orang pasti ingin mengalami pertumbuhan di dalam kehidupannya, namun tidak semua orang menginginkan prosesnya. Teman, Anda perlu tahu bahwa sebuah pertumbuhan menuntut perubahan. Sebelum Anda melihat pertumbuhan di sekitar Anda, yang Anda butuhkan adalah perubahan di dalam Anda. Jika Anda adalah seorang pemimpin di kantor atau pun dalam pelayanan, sebelum Anda melihat orang-orang Anda pimpin datang tepat waktu, Anda harus terlebih dahulu berubah menjadi orang yang tepat waktu. Sebelum Anda melihat orang-orang yang Anda pimpin setia dan disiplin, Anda harus berubah terlebih dahulu menjadi orang yang setia dan disiplin. Tanpa perubahan, mustahil terjadi pertumbuhan.

Leo Tolstoy, seorang novelis, pernah mengatakan, “Banyak orang yang berpikir untuk mengubah dunia, tapi tidak banyak yang berpikir untuk mengubah dirinya sendiri.” Perubahan diri kita tidak terjadi dengan sendirinya atau pun karena usia, melainkan karena keputusan yang kita ambil setiap hari.

Sebagai anak TUHAN, kita perlu menyadari bahwa penundaan terhadap perubahan diri kita dapat mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan orang-orang di sekitar kita. Akibat jangka panjangnya adalah mereka akan mulai melirik orang lain yang menginspirasi dan memberikan mereka teladan yang baik yang mengubahkan mereka, dan perlahan meninggalkan Anda yang memutuskan tidak mau berubah.

Sayang sekali jika orang-orang di sekitar berpaling kepada mereka yang tidak mengenal TUHAN, menjadikan orang-orang yang tidak mengenal TUHAN teladannya, hanya karena kita menolak untuk berubah dan memberikan dampak bagi kehidupan mereka. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s