PERBEDAAN DAUD DAN SAUL

1 Samuel 17:37 Pula kata Daud: “TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu.” Kata Saul kepada Daud: “Pergilah! TUHAN menyertai engkau.”

Renungkanlah apa yang dipikirkan Daud saat menghadapi Goliat. Di bawah ini adalah alasan yang membuat dia sanggup mengalahkan sang raksasa, sekaligus alasan yang membuatnya berbeda dengan Raja Saul.

  1. Sudut pandangnya berbeda dengan Saul. Daud melihat tantangan sebagai sebuah kesempatan untuk naik dan menang.
  2. Metodenya berbeda dengan Saul. Daud memutuskan untuk menjadikan TUHAN “senjata”nya, yang sudah jelas-jelas terbukti berhasil.
  3. Keyakinannya berbeda dengan Saul. Daud dan Saul sama-sama mendengar ancaman Goliat, namun Daud yakin TUHAN yang ada bersamanya sanggup mengalahkan Goliat, sedangkan Saul tidak.
  4. Visinya berbeda dengan Saul. Daud ingin membuat nama TUHAN dikenal sebagai penyelamat di seluruh dunia, sedangkan Saul hanya ingin menyingkirkan Goliat apa pun caranya dan membuat namanya sendiri mahsyur.
  5. Pengalamannya berbeda dengan Saul. Daud menyadari bahwa TUHAN yang selalu menyelamatkan dia dari singa dan beruang di padang. Inilah yang membuatnya percaya kepada janji TUHAN, bukan ketakutan terhadap masalah.
  6. Sikapnya berbeda dengan Saul. Daud tidak memandang Goliat sebagai ancaman yang besar, melainkan sebagai sasaran yang terlalu besar untuk menghindar dari serangannya. (penulis: @mistermuryadi)
Advertisements

2 thoughts on “PERBEDAAN DAUD DAN SAUL

  1. Sikecil david mengalahkan goliath siraksasa dgn melihat ‘ukuran’ Tuhannya bukan melihat ukuran goliath yg dihadapannya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s