UNDANGAN UNTUK MEMIMPIN

Kejadian 1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

TUHAN adalah Sang Pemimpin Utama, dan DIA memanggil setiap orang percaya untuk memimpin orang-orang lain. TUHAN dapat mengatur ciptaanNYA dalam banyak cara, namun DIA memilih menciptakan manusia yang mempunyai roh serta kemampuan untuk berhubungan dengan dan mengikutiNYA, tetapi yang tidak terpaksa melakukannya.

Saat umat manusia jatuh ke dalam dosa, TUHAN bisa membuat suatu rencana penebusan yang tidak mengikutsertakan orang-orang berdosa, tetapi DIA memilih memanggil kita ikut serta dan untuk memimpin orang-orang lain, sementara kita mengikuti pimpinanNYA. TUHAN menjelaskan dari semula sejak DIA menyatakan, “berkuasalah …” (Kejadian 1:28).

Panggilan untuk memimpin adalah suatu pola yang konsisten dalam Alkitab. Saat TUHAN membangkitkan suatu bangsa bagiNYA, DIA tidak memanggil orang banyak. DIA memanggil seorang pemimpin, yaitu Abraham. Saat DIA ingin melepaskan umatNYA dari Mesir, DIA tidak memimpin mereka sebagai suatu kelompok. Ia membangkitkan seorang pemimpin, MUSA, untuk melakukannya. Saat memasuki ke Tanah Perjanjian, bangsa Israel mengikuti satu orang, yaitu Yosua.

Setiap kali TUHAN ingin melakukan suatu yang luar biasa, DIA memanggil seorang pemimpin untuk maju. Sampai hari ini DIA masih memanggil para pemimpin untuk berdiri bagi setiap pekerjaan kecil atau pun besar. Bagian kita adalah meng-iya-kan panggilanNYA. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s