JATUH CINTA BISA MEMBUAT ORANG MENJADI BODOH

Bahan renungan:

Hakim-Hakim 16:4 Sesudah itu Simson jatuh cinta kepada seorang perempuan dari lembah Sorek yang namanya Delila.

Firman Tuhan katakan dalam Kidung Agung 2:5 untuk tidak membangkitkan cinta pada waktunya. Kenapa? Alasannya sederhana, Kidung Agung 8:6 menjelaskan, ” … karena cinta kuat seperti maut.” Teman, sebagian anak TUHAN mungkin kuat ketika diperhadapkan dengan urusan menyontek, korupsi, mencuri, atau membunuh, namun jika sudah bicara urusan cinta, biasanya cenderung “terjun bebas” alias tidak ada rem-nya. Tidak sedikit yang berpikir, “Kesempatan tidak datang dua kali.” Ya, iblis ingin Anda berpikir seperti itu.

Kita semua tahu bahwa Simson adalah orang yang sangat spesial di mata TUHAN. Dia memiliki kekuatan fisik yang sangat dahsyat. Jika seseorang bertanya kepada Anda, “Siapa tokoh Alkitab yang paling kuat?” Dengan cepat Anda pasti menjawab, “Simson.” Namun di balik kekuatannya itu, Simson lemah terhadap wanita. Jika Anda membaca kisah hidupnya, Delila bukanlah wanita pertama di dalam hidup Simson. Jadi, Simson sudah cukup memanjakan kedagingannya jauh sebelum dia bertemu dengan Delila. Beberapa kali Simson memilih wanita yang “berbeda” dengan dirinya (PASANGAN BEDA KEYAKINAN).

Sekarang perhatikan, kekuatan Simson berada di rambutnya. Saya sangat percaya kekuatan Simson tidak terletak dari fisiknya yang bagus, melainkan berasal dari kekuatan TUHAN. Kalau Simson memiliki perawakan yang tinggi, besar, dan berotot, orang tidak akan menduga bahwa kekuatannya berasal dari TUHAN. Menurut dugaan saya, Simson memiliki perawakan seperti orang pada umumnya di zaman itu, namun dia memiliki kekuatan luar biasa dari TUHAN. Anda bisa membayangkan tokoh Donal Bebek yang memiliki kekuatan seperti Hulk. Kurang lebih seperti itu. Jadi, rambut Simson bukan hanya simbol dari kekuatannya, melainkan simbol dari keberadaan TUHAN di dalam hidupnya. Dalam Hakim 16:19 dikatakan rambut Simson dijalin sebanyak tujuh buah. Tujuh adalah angka sempurnanya TUHAN.

Hanya dengan tiga kali rayuan maut dari Delila, akhirnya Simson memberitahukan kelemahannya. Anda bisa membaca kisah ini di Hakim 16:5-19. Dengan kata lain, hanya dengan tiga kali godaan Delila, Simson memutuskan meninggalkan TUHAN. Semua ini terjadi karena Simson jatuh cinta. Teman, jatuh cinta bisa membuat seseorang kehilangan akal sehatnya. Tidak sedikit orang yang saya layani meninggalkan TUHAN, entah dengan cara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi, hanya karena jatuh cinta. Bahkan, media massa pun melaporkan kisah-kisah di mana orang bunuh diri hanya karena cinta. Oh, sungguh bodoh!

“Saya tahu saya salah, tapi saya sudah terlajur jatuh cinta, bagaimana cara meredamnya?” Sama seperti orang obesitas (kelebihan berat badan yang tidak wajar). Tidak ada orang yang dilahirkan obesitas. Obesitas adalah pilihan. Yang artinya, Anda bisa memilih untuk menjadi kurus. Begitu juga jatuh cinta. Anda tidak tiba-tiba jatuh cinta. Faktanya adalah Anda memilih untuk jatuh cinta (JATUH CINTA ITU PILIHAN). Dengan kata lain, Anda bisa memilih untuk tidak jatuh cinta. Teman, jangan terburu-buru jatuh cinta (SABAR MENCARI PASANGAN), apalagi jatuh cinta hanya karena ada kesempatan atau pun karena merasa memiliki banyak kesamaan. Percayalah, bukan hal-hal itu yang membuat hubungan suami-istri bertahan sampai maut memisahkan. Pastikan ketika Anda mencintai seseorang, Anda memilihnya berdasarkan Firman Tuhan. Artinya, Anda memilihnya sesuai standar Tuhan (SEPADAN DAN SEIMAN), Anda mencintainya dengan cara TUHAN (PASANGAN YANG MENCINTAI TUHAN), dan mendapatkannya dengan cara TUHAN (JATUH CINTA HANYA KE SATU ORANG). Mari teman, jangan menjadi bodoh dan mengorbankan TUHAN hanya karena Anda sedang jatuh cinta. Sebaliknya, jadikan Firman Tuhan dasar Anda jatuh cinta kepada. Ketika Anda jatuh cinta kepada ORANG yang tepat, di WAKTU yang tepat, dan dengan CARA yang tepat, saya menjamin Anda akan sangat menikmati masa-masa jatuh cinta Anda dalam damai dan sukacita, bukan dengan ketakutan dan perasaan tertuduh. (penulis: @mistermuryadi)

One thought on “JATUH CINTA BISA MEMBUAT ORANG MENJADI BODOH

  1. thankssssss bgt buat renungannya……. pas bgt hari ini jug saya ad ibadah pemuda.. dan saya sangat galau saat pas ibaddah pemudah karena saya ketemu dy lgiiii.. but biar tuhan membuat rencana bagi hidup saya sesuai hikmat yg diberikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s