ABRAM MENJADI ABRAHAM

Bahan renungan:

Kejadian 17:5 Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham, karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.

Hal pertama yang TUHAN lakukan terhadap Abraham dan Sara sebelum mereka memiliki banyak keturunan adalah mengubah nama mereka. Nama kedua orang ini sebelumnya Abram dan Sarai. Arti nama Abram adalah bapak yang ditinggikan/mulia dan TUHAN mengubahnya menjadi Abraham, yang artinya bapak banyak bangsa. Begitu juga Sarai. Arti nama Sarai adalah tuan putri dan TUHAN mengubahnya menjadi Sara (dibaca: Sarah), yang artinya wanita bangsawan/terhormat. TUHAN menambahkan huruf H (hey – dalam bahasa Ibrani) ke dalam nama mereka. Huruf H merupakan nama singkat dari Yahweh.

Alasan TUHAN mengubah nama mereka adalah supaya ketika setiap kali mereka saling memanggil satu sama lain, mereka selalu mengingat bahwa TUHAN telah memberikan janji yang luar biasa kepada mereka. Janji untuk memiliki keturunan dan menjadi bapak bangsa-bangsa. Perubahan nama ini semata supaya Abraham dan Sarah semakin hari semakin percaya kepada janji TUHAN. Bukankah itu yang Firman Tuhan katakan di dalam Roma 10:17, “Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus”? Teman, semakin sering Anda mengucapkan janji TUHAN, semakin Anda akan mengingat dan percaya kepada janji tersebut. Karena hanya pada saat kita percaya, kita akan melihat janji tersebut terjadi di dalam hidup kita. Haleluya! (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s