YANG ANDA PERLU TAHU TENTANG BAPTISAN AIR

Bahan renungan:

Markus 1:9 Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes.

Pertanyaan: “Saya ingin tahu, apakah saya harus dibaptis supaya bisa masuk ke Sorga? Saya mencintai TUHAN dan saya pernah dibaptisa waktu berusia 7 tahun. Sekarang saya berusia 18 tahun dan seseorang dari gereja saya mengatakan bahwa tidak seorang pun dapat diselamatkan dan dibaptis saat di usia kecil. Mereka juga mengatakan bahwa saya harus dibaptis supaya bisa masuk Sorga, tapi orang lainnya katakan tidak seperti itu. Saya perlu tahu apakah saya harus dibaptis lagi. Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati.”

Jawaban: “Keselamatan dan pengampunan dosa kita dapatkan secara cuma-cuma sebagai pemberian saat kita percaya dengan IMAN kepada YESUS Kristus. Kis 10:43 mengatakan, ”Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya.” Keselamatan diberikan melalui iman kita kepada YESUS. Hanya itu. Saat Anda percaya kepada karya YESUS, darahNYA membuat Anda dilayakkan dan dibenarkan di hadapan TUHAN. Dalam Kis 10:44-48 dikatakan bahwa Roh Kudus diberikan kepada orang percaya, bahkan sebelum mereka dibaptis.”

Dalam beberapa kesempatan, pengampunan dosa diberikan pada saat dilakukan baptisan (Kis 2:38). Ini karena baptisan tersebut merupakan ekspresi atau tindakan iman akibat seseorang bertobat dan berbalik kepada YESUS. Itu sebabnya dalam Mar 16:16 dikatakan, “Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.” Baptisan juga merupakan salah satu cara untuk berseru kepada TUHAN meminta hati yang baik / bersih (Kis 22:16 dan 1 Pet 3:21).

Jika Anda sungguh-sungguh berbalik kepada YESUS dengan segenap hati Anda di usia 8 tahun dan dibaptis, maka TUHAN akan menerima IMAN Anda. Baptisan tidak memiliki syarat. Satu-satunya syarat adalah Anda sudah bertobat dan percaya kepada YESUS. Apakah Anda mengalami perubahan di hati Anda dan di dalam pikiran Anda saat Anda menyatakan percaya kepada YESUS (Kis 2:38, Kis 20:21, dan Kis 17:30)? Apakah Anda melatih iman Anda (membaca dan merenungkan Firman TUHAN) sejak menjadikan YESUS sebagai TUHAN dan Juruselamat (Mar 16:16, Yoh 3:16, Rom 10:9-10)? Jika tidak, berbaliklah kepada YESUS sekarang, bertobatlah dari segala dosa Anda, kembalilah kepada kasih karuniaNYA. Jika Anda belum pernah dibaptis, Anda dapat membuktikan komitmen pertobatan tersebut melalui baptisan air.

Baptisan air adalah tindakan untuk menyatakan iman Anda kepada YESUS. Tanpa iman tersebut, tindakan baptisan tidak ada artinya. Orang yang menerima dan percaya YESUS pasti ingin menyatakan imannya dan mengakui YESUS secara terbuka. Sebaliknya, orang yang menolak YESUS, selalu menunjukkan iman yang mati. IMAN dikatakan mati pada saat seseorang tidak memiliki keinginan untuk menyatakan imannya (Yak 2:18-19). IMAN kepada YESUS saja sebenarnya sudah cukup untuk menyelamatkan Anda, namun orang yang menyadari dirinya diselamatkan oleh YESUS selalu ingin mengeksrepsikannya. Baptisan adalah salah satu cara untuk mengekspresikan iman tersebut. Bukan baptisan yang menyelamatkan seseorang, YESUSlah yang menyelamatkan. Air tidak menghapus dosa Anda, darah YESUSlah yang menghapusnya. IMAN kepada YESUSlah yang membuat dosa Anda dibasuh oleh darahNYA yang kudus dan terkadang orang mengekspresikan IMAN-nya melalui baptisan (Kis 22:16). (penulis: @mistermuryadi)

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.