TUHAN TIDAK PERNAH MENCOBAI ANDA

Bahan renungan:

Yakobus 1:13 Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: “Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun.

Teman, bukan Tuhan yang mencobai Anda. Bukan Tuhan yang memberikan Anda penaykit, kemiskinan, atau pun penderitaan. Ayat di atas dengan sangat jelas menyatakannya kepada kita.

“Lalu siapa?” Yang pertama. Anda tentu tahu siapa yang mencobai YESUS ketika DIA berpuasa di padang gurun? Ya, iblislah yang mencobai manusia. Daripadanyalah datang segala yang jahat. Sedangkan TUHAN, hanya mendatangkan yang baik dan sempurna kepada Anda (Yakobus 1:17).

Yang kedua adalah keinginan kita. Yakobus 1:14-15 mengatakan, “Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.”

Anda mungkin tidak suka dengan fakta yang kedua. Mungkin Anda bepikir, “Jadi, karena keputusan saya sendiri saya jatuh ke dalam pencobaan?” Jawabannya adalah ya, Anda benar. Manusia selalu berpikir keinginan dan rencananya lebih baik dari keinginan dan rencana TUHAN itu yang membuat manusia cenderung memilih jalannya sendiri dan menggali lubangnya sendiri.

Teman, rancangan TUHAN untuk hidup Anda adalah rancangan damai sejahtera dan penuh harapan (Yeremia 29:11). “Lalu bagaimana dengan Ayub? Bukankah dia dicobai iblis atas seijin TUHAN?” Anda bisa membaca penjelasan saya di sini. (penulis: @mistermuryadi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.