MENJADI BERHASIL ADALAH IDENTITAS ANDA

Bahan renungan:

2 Korintus 2:14 Tetapi syukur bagi Allah, yang dalam Kristus selalu membawa kami di jalan kemenangan-Nya. Dengan perantaraan kami Ia menyebarkan keharuman pengenalan akan Dia di mana-mana.

Saya lahir di Jakarta dan saya adalah warga negara Indonesia. Saya memiliki darah keturunan Cina dari orang tua saya, tapi di Kartu Tanda Penduduk, saya terdaftar sebagai warga negara Indonesia, bukan warga negara Cina. Itu sebabnya ketika orang mengejek saya, “Cina, Cina,” saya tidak pernah marah, karena saya selalu berpikir bahwa identitas saya adalah orang Indonesia.

Kontras dengan cerita saya, ada seorang teman, berwajah oriental, logat betawi, keluarganya semua berwajah oriental, tapi selalu mengaku ke orang lain bahwa dirinya asli Manado dan tidak memiliki darah keturunan Cina. Saya tidak mengerti kenapa dia berusaha menipu dirinya sendiri. Orang lain bisa saja tertipu dengan pengakuannya, tapi saya sangat yakin di dalam hatinya dia tahu identitas dirinya yang asli.

Teman, tahukah Anda bahwa identitas Anda di dalam Kristus adalah orang yang berhasil, bukan orang yang gagal? Anda adalah orang yang lebih dari pemenang, bukan orang kalah. Saya bertemu dengan banyak orang percaya yang berusaha hidup dengan identitas orang lain. Mereka hidup dengan identitas seorang playboy, pencuri, pemarah, atau peminta-minta. Teman, berhenti hidup dengan identitas orang lain. Identitas Anda adalah anak kesayangan TUHAN, anak Sang Pencipta Alam Semesta, garam dan terang dunia, seseorang yang memiliki kuasa, dan seseorang yang sehat dan diberkati.

Sungguh sangat sulit jika kita hidup dengan menggunakan identitas orang lain. Hidup kita jadi tidak masuk akal. Tidak heran jika orang-orang tersebut mengalami penderitaan yang tidak seharusnya mereka alami. Seperti teman saya di atas yang mengaku-ngaku asli Manado. Setiap kali memperkenalkan diri, dia perlu menjelaskan berbagai pertanyaan orang mengenai asal usul dan silsilah keluarganya, karena mereka meragukan fakta mengenai dirinya. Sungguh ribet sekali hidup dengan identitas orang lain.

Jika hari ini Anda memiliki sebuah Kartu Tanda Penduduk Sorga, pasti yang tertera adalah: Nama (isi nama Anda), Tanggal Lahir (isi tanggal Anda percaya Yesus), Alamat (Sorga), Status (Anak Kesayangan TUHAN, orang yang berhasil, lebih dari pemenang), dan Pekerjaan (visi Tuhan untuk hidup Anda). Ya, inilah identitas yang benar mengenai hidup Anda di dalam Kristus. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s