TIDAK KEKURANGAN APA PUN

Bahan renungan:

Ulangan 2:7 Sebab TUHAN, Allahmu, memberkati engkau dalam segala pekerjaan tanganmu. Ia memperhatikan perjalananmu melalui padang gurun yang besar ini; keempat puluh tahun ini TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, dan engkau tidak kekurangan apa pun.

Kalau Tuhan adalah sumber berkat, artinya Anda dan saya tidak akan kekurangan apa pun. Bagaimana mungkin kita kekurangan, bukankah kita memiliki TUHAN yang sangat kaya?

Selama empat puluh tahun TUHAN menyertai Bangsa Israel dan mereka tidak kekurangan apa pun. Orang cenderung fokus kepada kata-kata “tidak kekurangan apa pun” saat membaca kalimat di atas. Padahal bukan kata-kata itu yang dijadikan fokus dalam kalimat ini, melainkan “Tuhan, Allahmu, menyertai engkau.”

Banyak orang tidak mau hidup kekurangan. Saya bisa mengerti itu, saya pun demikian. Tapi perhatikan, kunci dari Bangsa Israel tidak kekurangan karena TUHAN ada bersama-sama dengan mereka.

Sayangnya, terkadang manusia memilih tidak mau disertai TUHAN. Mereka biasanya adalah orang-orang yang memilih jalannya sendiri, caranya sendiri, dan keputusannya sendiri. Yang mereka lakukan tidak mengacu kepada kebenaran Firman Tuhan, melainkan kepada kebenaran mereka sendiri. Yesus pernah mengatakan, “Di luar AKU, kamu tidak dapat berbuat apa-apa.” Saya meng-amin-kan kata-kata ini.

Mungkin tidak ada seorang pun yang pernah hidup di padang gurun selama 40 tahun berani membuat pernyataan “tidak kekurangan apa pun,” kecuali Bangsa Israel. Tapi hari ini saya ingin membuat sebuah pernyataan serupa. Sepanjang saya mengikut TUHAN, selama 18 tahun, melewati suka dan duka, melewati kebodohan-kebodohan yang pernah saya lakukan, saya dapat mendeklarasikan bahwa TUHAN Pribadi setia. DIA tidak pernah meninggalkan saya sedetik pun dan tidak pernah membiarkan saya sendirian. DIA selalu menopang dan sabar menuntun saya, dan saya tidak kekurangan apa pun bersama YESUS. (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s