MASALAH ANDA TIDAK UNIK SAMA SEKALI

Bahan renungan:

1 Korintus 10:13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Masalah Anda tidak unik sama sekali. Rasul Paulus katakan pencobaan yang kita alami adalah pencobaan biasa. Saya percaya tidak ada satu pun masalah baru di dunia ini. Semuanya hanya pengulangan, hanya bungkusannya saja yang berbeda.

Yang saya sebut masalah bukan kejadian seperti kecelakaan pesawat atau pun gempa bumi, bukan itu. Yang saya sebut masalah adalah sesuatu yang mengganggu hati Anda. Saya yakin ada hal-hal buruk yang terjadi di dunia ini namun tidak mengganggu hati Anda sama sekali. Di sisi lain, ketika ada hal yang mengganggu hati dan pikiran Anda, tidak peduli seberapa kecilnya, itu menjadi masalah bagi Anda.

Itu sebabnya saya katakan masalah di dunia ini hanyalah sebuah pengulangan. Apa saja yang kita sebut masalah? Beberapa yang umum: ketakutan, kekuatiran, gelisah, tidak damai sejahtera, benci, cemburu, paranoid, stres, dan lain sebagainya.

Saat menghadapi masalah, banyak orang mengira masalah mereka spesial. Teman, saat Anda merasa atau berpikir masalah Anda spesial atau unik, maka tidak ada seorang pun yang dapat membantu Anda. Karena Anda akan selalu dipenuhi pikiran, “Ah, coba kamu ada di posisi saya, baru kamu tahu rasanya,” atau “Ya, ngomong sih gampang, tapi kalau kamu jadi saya, pasti kamu juga stres.”

Jika yang Anda inginkan adalah jalan keluar, sangat penting bagi Anda untuk menyadari bahwa masalah Anda hanyalah masalah yang biasa, tidak unik sama sekali. Semua orang mengalaminya. YESUS pun mengalaminya dan DIA menang atas setiap masalah.

Selama Anda merasa masalah Anda spesial, Anda akan kesulitan menemukan jalan keluar. Sebaliknya, ketika Anda merasa masalah Anda hanyalah masalah biasa, akan muncul mentalitas, “Saya pasti bisa melewati masalah ini bersama YESUS, karena YESUS yang tinggal di dalam saya lebih besar dari segala masalah.” (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s