DIMENSI KASIH KRISTUS

Bahan renungan:

Efesus 3:18 Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus.

Lebar, panjang, tinggi, dan dalam berbicara mengenai sebuah dimensi. Paulus, sang rasul kasih karunia, sedang menggambarkan bahwa kasih Kristus bukanlah sesuatu yang absurd, melainkan sesuatu yang memiliki bentuk, ruang, atau dimensi.

Saya bisa mengucapkan “I love you” kepada siapa pun di dunia. Anda pun bisa melakukannya. Ya, mulut kita memang bisa mengatakan apa saya yang kita inginkan. Lalu, bagaimana cara mengukur kedalaman sebuah kata “I love you”? Sederhana, dari perbuatan dan pengorbanan orang yang mengucapkannya.

Saya bisa mengucapkan “I love you” kepada Anda, begitu juga pasangan yang Anda nikahi. Namun, saya yakin pasangan Anda pasti lebih mencintai Anda, karena dia bukan hanya mengatakan “I love you” kepada Anda, tapi juga menjaga, melindungi, dan menikahi Anda. Anda mengerti maksud saya?

“Jadi, apa bentuk atau tanda Kristus mengasihi kita?” Anda bisa melihat seberapa besar pengorbanNYA di kayu salib untuk Anda. Saya tidak yakin ada seorang pun di dunia ini mau melakukan seperti yang YESUS lakukan untuk Anda dan saya di kayu salib. Itu sebabnya saya sebal jika ada seorang Kristen yang selalu bertanya apakah TUHAN mengasihi dirinya atau tidak. Oh, tidakkah mereka menyadari YESUS tergantung di kayu salib dalam keadaan sendiri, telanjang, dihina, dipukul, diludahi, disiksa, dan dikhianati demi mereka?

Teman, YESUS tidak mengasihi Anda hanya dengan kata-kata. DIA mengungkapkan kasihNYA yang besar melalui pengorbananNYA. DIA pamerkan kasihNYA kepada Anda di depan semua orang 2000 tahun lalu. Itu sebabnya kasih Kristus memiliki bentuk atau dimensi, yang artinya kasih Yesus bukan hanya sekadar konsep atau perasaan yang kadang ada dan kadang hilang, melainkan sesuatu yang dapat Anda sentuh dan nikmati setiap saat. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s