HIDUP DALAM BERKAT ABRAHAM

blessings4Galatia 3:14 Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.

Melalui pengorbanan YESUS di atas kayu salib, Anda dan saya berhak untuk setiap berkat yang pernah TUHAN ucapkan kepada Abraham. Ini bukan hanya mengenai materi, tetapi juga umur panjang dan kesehatan.

Namun, beberapa orang menyangka dasar dari mendapatkan berkat Abraham adalah dengan bekerja keras atau bekerja mati-matian. Beberapa orang lainnya menyangka dengan menjaga kekudusan, rajin berdoa, dan berpuasa. Padahal Abraham diberkati bukan dengan cara demikian.

Mari kita selidiki cara bagaimana Abraham mendapatkat berkat.

Kejadian 12:12* Apabila orang Mesir melihat engkau, mereka akan berkata: Itu isterinya. Jadi mereka akan membunuh aku dan membiarkan engkau hidup. 13* Katakanlah, bahwa engkau adikku, supaya aku diperlakukan mereka dengan baik karena engkau, dan aku dibiarkan hidup oleh sebab engkau.”

Kisah di atas adalah kisah pertama di mana Abraham menjual Sarah, istrinya. Si Bapak Orang Beriman ini menjual istrinya kepada Firaun dan alhasil Firaun memberikan kambing domba, lembu sapi, keledai jantan, budak laki-laki dan perempuan, keledai betina dan unta sebagai imbalan. Ini asal muasal harta Abraham pertama kali. Lihat, bukan karena dia menjaga kekudusan, rajin berdoa, atau berpuasa, melainkan karena menjual istrinya.

Anda terkejut? Tahan sebentar. Mari kita lanjutkan.

Kejadian 20:1* Lalu Abraham berangkat dari situ ke Tanah Negeb dan ia menetap antara Kadesh dan Syur. Ia tinggal di Gerar sebagai orang asing. 2* Oleh karena Abraham telah mengatakan tentang Sara, isterinya: “Dia saudaraku,” maka Abimelekh, raja Gerar, menyuruh mengambil Sara.

Selang beberapa tahun, Abraham kembali menjual Sarah. Kali ini ke Abimelekh, Raja Gerar. Lagi-lagi Abraham memperoleh harta, “Kemudian Abimelekh mengambil kambing domba dan lembu sapi, hamba laki-laki dan perempuan, lalu memberikan semuanya itu kepada Abraham; Sara, isteri Abraham, juga dikembalikannya kepadanya (Kejadian 20:14).”

Teman, bukan berarti Anda harus menjual istri Anda untuk mendapatkan harta. Bukan itu tujuan Firman ini ditulis. Melainkan supaya Anda mengerti bahwa Abraham memperoleh harta bendanya bukan karena kerja keras, rajin berdoa, rajin berpuasa, atau pun bekerja mati-matian.

Lihat, Bapak Segala Bangsa ini menjual istrinya. Bukankah itu perbuatan yang salah? Ya, itu salah. Saya percaya TUHAN tidak senang dengan keputusan Abraham mengenai istrinya, namun TUHAN memberkati Abraham bukan karena apa yang Abraham lakukan, melainkan karena Abraham adalah kesayanganNYA.

Begitu juga dengan Anda. Anda diberkati bukan karena Anda baik atau pun karena Anda bekerja keras, melainkan karena TUHAN baik dan begitu mengasihi Anda. Kitab Amsal 10:22 katakan, “Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.”

8674Mari kita lihat satu lagi rahasia Abraham.

Kejadian 15:6* Lalu percayalah Abram kepada TUHAN, maka TUHAN memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.

Perhatikan. TUHAN membenarkan Abraham bukan karena apa yang dia lakukan. Sudah jelas dia bersalah, karena menjual istrinya. Abraham dibenarkan dan diberkati semata-mata karena dia percaya kepada TUHAN.

Teman, penting sekali kita mengerti hal ini. Bahwa kita dibenarkan dan diberkati TUHAN bukan karena apa yang kita lakukan, melainkan karena apa yang kita percaya. Mungkin Anda bertanya, “Kalau saya percaya kepada TUHAN, apakah artinya saya tidak perlu lagi melakukan apa-apa?”

Coba perhatian ilustrasi di bawah ini. Misalnya ada seseorang mengatakan kepada Anda bahwa di bawah rumah Anda terdapat satu ton emas, kira-kira apa respons Anda? Tergantung. Jika Anda tidak percaya kepada apa yang dikatakan orang tersebut, Anda akan mengacuhkannya. Sebaliknya, jika Anda percaya, Anda akan mulai mengambil sekop dan menggali, bahkan tidak tertutup kemungkinan Anda akan merubuhkan rumah Anda.

Bukan berarti bekerja keras, rajin berdoa, atau berpuasa itu salah. Tapi bukan itu dasar Abraham mendapatkan berkat dari TUHAN, melainkan karena PERCAYA kepada TUHAN. Rasul Paulus meneguhkan hal di atas melalui 1 Korintus 15:10, bahwa karena percaya kepada kasih karunia TUHAN, justru dia bekerja lebih keras dari semua orang. Haleluya! (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s