PERANTARA MANUSIA DAN TUHAN

Bahan renungan:

Ibrani 7:25 Karena itu Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka.

Di awal-awal pertobatan saya, saya pernah mengikuti sebuah persekutuan doa. Saat itu topiknya adalah berdoa untuk jiwa-jiwa yang terhilang. Saya ingat ada satu pendoa yang berdoa dengan suara nyaring, “TUHAN, saya mau berdiri di antara mereka dan Engkau, membela mereka. Tuhan, selamatkanlah mereka yang terhilang, dan jangan biarkan mereka masuk ke neraka.” Beberapa orang lainnya, mulai meneguhkan doa di atas dengan menyatakan keinginan mereka untuk menjadi seperti Abraham dan Musa yang berdiri di antara TUHAN dan manusia sebagai perantara.

Dulu, saya sering meng-amin-kan doa seperti ini. Namun sekarang saya mengerti bahwa doa seperti itu bukanlah doa yang sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan.

Teman, Anda perlu mengerti bahwa Anda dan saya tidak perlu lagi mengambil peran sebagai perantara seperti yang dilakukan oleh Abraham saat berdoa untuk Sodom dan Gomora, dan Musa saat mendamaikan Bangsa Israel dengan TUHAN. Karena YESUS telah mengambil peran menjadi Perantara antara kita dan TUHAN sekali untuk selamanya.

Bagian kita bukan lagi menjadi perantara, melainkan menjadi pemberita INJIL. Saya tidak katakan salah untuk berdoa mengharapkan orang lain bertobat, tapi bukan doa yang membuat mereka bertobat. Berdoa mengubahkan Anda, memberikan Anda keberanian untuk menceritakan INJIL, dan INJIL yang akan mengubahkan kehidupan banyak orang. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s