MEMEGANG EKOR ULAR

Bahan renungan:

Keluaran 4:3-5 Firman TUHAN: “Lemparkanlah itu ke tanah.” Dan ketika dilemparkannya ke tanah, maka tongkat itu menjadi ular, sehingga Musa lari meninggalkannya. Tetapi firman TUHAN kepada Musa: “Ulurkanlah tanganmu dan peganglah ekornya” –Musa mengulurkan tangannya, ditangkapnya ular itu, lalu menjadi tongkat di tangannya –“supaya mereka percaya, bahwa TUHAN, Allah nenek moyang mereka, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub telah menampakkan diri kepadamu.”

Waktu masih kecil, ada beberapa orang pernah menangkap ular di sekitar rumah saya. Ilmu sederhana menangkap ular adalah jangan pernah pegang ekornya. Saat Anda memegang ekornya, maka kepala ular memiliki kesempatan untuk menggigit Anda. Jika ular tersebut berbisa, memegang ekor ular dapat sangat mengancam hidup Anda.

Saya yakin TUHAN tahu bagaimana cara menaklukkan seekor ular. Namun, sebelum TUHAN memakai Musa menjadi seorang pahlawan, TUHAN perlu sebuah komitmen dari Musa. TUHAN meminta Musa memegang ekor ular.

Saya pernah membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa jenis ular yang tinggal di padang pasir adalah ular yang ukurannya tidak terlalu besar, namun racunnya sangat mematikan. Saya percaya ular yang ada di hadapan Musa bukanlah ular besar, namun sebagai salah satu warga padang pasir, saya menduga Musa menyadari bahwa ular tersebut berbisa. Itu sebabnya dijelaskan dalam ayat di atas, sesaat tongkat tersebut menjadi ular, Musa lari meninggalkannya.

Seperti kita ketahui Musa kemudian memegang ekor ular tersebut. Anda mengerti maksudnya? Maksudnya, ketika TUHAN memerintahkan sesuatu di dalam hidup kita, bagian kita adalah percaya dan taat. Mungkin saja ada masalah yang timbul di dalam perjalanan kita mempercayai TUHAN, ibarat kepala ular yang mengancam, tapi itu bagian TUHAN. Tuhan kita adalah TUHAN yang berperang di depan kita. Kita aman di bawah kepak sayapNYA. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s