“KAMU ADALAH TERANG DUNIA”

Bahan renungan:

Matius 5:14 “Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.”

Kemarin kita telah membahas maksud YESUS mengenai garam dunia. Bahwa ketika kita menceritakan kebenaran Firman Tuhan, kita dapat menjadi berkat bagi banyak orang. Hari ini kita akan membahas maksud YESUS mengenai terang dunia.

Teman, YESUS adalah terang (Yohanes 1:9), namun 2000 tahun yang lalu YESUS terangkat ke Sorga dan DIA mengatakan bahwa kini Anda dan saya, sebagai orang percaya, adalah terang bagi dunia ini. Sungguh ini merupakan sebuah tanggung jawab yang besar, sekaligus sebuah kehormatan yang luar biasa. Kita, manusia, dapat mewakili Kristus di dunia ini.

Mari kita belajar maksud YESUS mengenai kata “kamu adalah terang dunia.”

Kata “terang” diambil dari bahasa Yunani “phos”. Sama seperti garam, di dalam arti kata “terang” terdapat fungsi. Berikut beberapa arti dari kata “phos”, yaitu untuk menerangi sesuatu, benda yang dapat membantu mata melihat lebih jelas, untuk menunjukkan yang tidak terlihat, dan merupakan unsur yang dibutuhkan setiap tumbuhan untuk bertumbuh.

Kehadiran Anda dan teladan yang Anda tunjukkan memberikan jawaban bagi orang lain. Ketika mereka melihat Anda, mereka yang hidup dalam gelap ingin hidup di dalam terang, mereka yang tidak memiliki arah tujuan yang jelas menjadi mengerti bahwa hidup itu sangat berharga. Keberadaan Anda menjadi sebuah “unsur” yang ditunggu-tunggu oleh orang lain, karena Anda membuat mereka berubah dan bertumbuh ke arah yang lebih baik.

Dahsyat, bukan? Untuk tujuan inilah Anda dan saya diciptakan. Teman, Anda dan saya adalah garam dan terang dunia. Itu identitas kita di dalam Kritus. Ketika Anda memutuskan percaya kepada YESUS, Anda sudah terlambat untuk hidup biasa-biasa saja, Anda adalah orang yang luar biasa, dunia seketika tertarik dengan teladan Anda. Sungguh sebuah kesempatan yang luar biasa untuk menjadi terang di tengah kegelapan. (penulis: @mistermuryadi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.