PERGAULAN BURUK ITU MENULAR

Bahan renungan:

1 Korintus 15:33 Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

Tahukah Anda kalau pergaulan negatif itu menular? Hal itu seperti virus, yang tanpa Anda sadari Anda sudah terjangkit hal tersebut. Perilaku Anda yang negatif seringkali didahului dengan pergaulan Anda yang negatif dan hal itu tidak terjadi dalam semalam, melainkan melalui sebuah proses yang terus menerus.

Sewaktu seseorang bergabung dengan sebuah gank, awalnya dia adalah anak yang polos. Namun dalam gank tersebut ada yang pemabuk, pemarah, pembohong, dan lain sebagainya. Bertahun-tahun dia hidup bersama mereka, menghabiskan waktu bersama mereka, tidak heran bukan kalau dia semakin lama berperilaku seperti mereka. Itu sebabnya saya ingin katakan langkah pertama untuk memperbaiki perilaku yang buruk adalah menjauhi pergaulan yang buruk.

Jika Anda seorang perokok dan ingin berhenti merokok, langkah pertamanya adalah menjauhi teman-teman Anda yang merokok. Begitu juga dengan gosip. Jika Anda ingin menghilangkan kebiasaan bergosip, tinggalkan teman-teman Anda yang suka bergosip. Jangan bersahabat dengan mereka. Pastikan pergaulan Anda membuat Anda semakin dekat kepada Kristus, bukan sebaliknya. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s