MENJADI HAMBA KRISTUS

Bahan renungan:

1 Korintus 9:19 Sungguhpun aku bebas terhadap semua orang, aku menjadikan diriku hamba dari semua orang, supaya aku boleh memenangkan sebanyak mungkin orang.

Kebanyakan orang berpikir cara untuk menjadi hamba TUHAN atau menjadi berkat adalah dengan melayani di gereja. Itu tidak sepenuhnya benar. Mari kita terlusuri arti kata “hamba” dalam ayat di atas.

Kata”hamba” bukan hanya dapat diartikan sebagai bawahan dalam sebuah hirarki, tapi juga dapat diartikan sebagai orang yang mengikatkan diri terhadap gaya hidup tuannya. Teman, menjadi hamba TUHAN berarti memutuskan untuk memiliki gaya hidup yang sama dengan Kristus.

Saya berikan contoh. Ketika Anda menunjukkan gaya berpacaran yang sesuai Firman Tuhan, maka Anda adalah seorang hamba TUHAN. Ketika Anda berbisnis sesuai Firman Tuhan, maka Anda adalah hamba TUHAN. Ketika Anda menolak untuk bergosip, maka Anda adalah hamba TUHAN. Atau bahkan ketika anak Anda nakal di sekolah, lalu Anda menunjukkan sikap penuh kasih dan pengampunan kepada anak Anda, maka Anda adalah seorang hamba TUHAN.

Menjadi hamba TUHAN bukan hanya tugas orang-orang yang melayani di gereja, melainkan tugas setiap orang yang percaya kepada Kristus. Anda bisa menjadi hamba TUHAN di mana pun Anda berada hari ini. Kita perlu menunjukkan keputusan, tingkah laku, dan perkataan yang sama seperti Kristus. Paulus menyebutkan alasan semua orang percaya perlu menjadi hamba TUHAN, “Supaya kita boleh memenangkan sebanyak mungkin orang.” (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s