MEMBEDAKAN YANG BAIK, BERKENAN, DAN SEMPURNA

Bahan renungan:

Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Yeremia 29:11 sudah jelas mengatakan rancangan TUHAN bagi hidup kita adalah rancangan damai sejahtera. Masalahnya, apakah kita tahu mana yang rancangan damai sejahtera, dan mana yang bukan? Mana yang berasal dari TUHAN dan mana yang bukan? Sebelum dapat memilih yang sempurna, Anda perlu mengasah kemampuan untuk membedakan terlebih dahulu. Jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk membedakan, Anda tidak dapat memilih yang terbaik.

Teman, merenungkan Firman Tuhan adalah cara terbaik untuk mendapatkan kemampuan membedakan. Saya berikan contoh. Misalnya hari ini Anda sedang mencari pasangan hidup. Anda perlu membaca dan merenungkan terlebih dahulu apa kata Firman Tuhan mengenai pasangan hidup. Kapan, siapa, dan bagaimana mendapatkannya.

Anggaplah Anda sudah mengerti bahwa gelap dan terang tidak dapat menjadi satu. Suatu hari ada seseorang yang begitu baik, yang Anda kenal di kantor, dan dia berniat menikahi Anda, tetapi dia dari keyakinan seberang. Jika Anda mengerti kebenaran Firman Tuhan, Anda dapat dengan mudah menolaknya, karena Anda tahu bahwa orang tersebut pasti bukan yang sempurna yang TUHAN sediakan. Jika Anda kesulitan menolak, artinya ada masalah pada kemampuan membedakan Anda.

Firman Tuhan adalah pelita yang senantiasa menerangi langkah kaki Anda. Sekalipun Anda di dalam gelap, Anda tetap dapat melihat selama Anda berpegang pada terang Firman Tuhan. Kaki Anda tidak akan terantuk, Anda dapat menghindari jebakan lubang, dan tetap berjalan ke arah yang benar.

Teman, keinginan TUHAN adalah Anda menikmati yang sempurna yang DIA telah berikan. Namun untuk menikmatinya, Anda butuh kebenaran Firman TUHAN yang dapat memampukan Anda memilih dengan tepat dan membuat keputusan-keputusan yang tepat. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s