“BERAPA LAMA LAGI KAMU BERMALAS-MALASAN?”

Bahan renungan:

Yosua 18:3 Sebab itu berkatalah Yosua kepada orang Israel: “Berapa lama lagi kamu bermalas-malas, sehingga tidak pergi menduduki negeri yang telah diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allah nenek moyangmu?

Setiap orang sudah mendapatkan janji dari TUHAN untuk sukses dan berhasil. Bahkan Firman Tuhan menjamin masa depan Anda dan saya akan indah dan penuh dengan pengharapan. Teman, TUHAN lebih rindu melihat Anda berhasil daripada Anda ingin diri Anda berhasil. Sungguh sesuatu yang tidak masuk akal jika hal tersebut membuat kita bermalas-malasan. Seharusnya janji tersebut membuat kita semakin semangat dalam melakukan segala sesuatu yang TUHAN percayakan, entah sekolah, kuliah, bisnis, pekerjaan, atau pelayanan kita.

Sama seperti Bangsa Israel. TUHAN sudah berjanji bahwa mereka akan menduduki Tanah Kanaan, namun bangsa ini memilih untuk bermalas-malasan. Padahal seperti kita ketahui bahkan bukan Bangsa Israel yang berperang setiap kali mereka bertemu dengan musuh. Dikatakan TUHAN yang berperang di depan mereka. Bukankah itu sesuatu yang dahsyat sekali? Anda bisa bayangkan TUHAN yang berperang bagi kita, artinya kita sudah pasti menang. Jika Anda malas, Anda sedang merugikan diri sendiri.

Pemalas tidak akan mendapat bagian apa-apa. Coba pikirkan begini. TUHAN berjanji memberikan Tanah Kanaan. Tanah itu sudah menunggu untuk direbut, namun Bangsa Israel memilih tidur di tendanya, bersungut-sungut, dan tidak melakukan apa-apa. Tentu saja mereka tidak akan mendapatkan tanah tersebut, bukan? Mari hari ini kita buang mental pemalas kita.

Firman Tuhan katakan untuk belajar dari semut, hai para pemalas. Sekali lagi saya tidak katakan kita untuk bekerja mati-matian atau bekerja dari pagi sampai pagi lagi dan melupakan keluarga atau persekutuan. Bukan itu yang saya maksud. Melainkan mulailah untuk percaya kepada janji TUHAN di dalam hidup Anda dan bergerak maju. Itu yang membuat Anda bergairah di dalam mengerjakan sesuatu yang TUHAN percayakan hari ini.

Teman, janji TUHAN menyertai Anda dan janji tersebut tidak pernah gagal. Dengan jelas dikatakan di dalam Yosua 1:8 jika Anda memperkatakan dan merenungkan Firman Tuhan siang dan malam, Anda akan BERTINDAK hati-hati sesuai yang tertulis di dalamnya, dan perjalanan Anda pasti akan berhasil. Garisbawahi kata “BERTINDAK” dan “BERHASIL.” (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s