ROH JAHAT BISA DIUSIR, TAPI KARAKTER HARUS DILATIH

Bahan renungan:

1 Korintus 9:27 Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.

Beberapa tahun lalu saya pernah mendengar seorang teman berdoa, “Tuhan, saya mengusir roh marah dari dalam hidup saya, dan mengundang roh sabar supaya berkuasa atas saya.” Faktanya, sampai hari ini orang tersebut masih sulit mengontrol emosinya.

Koreksi jika saya salah. Saya belum pernah membaca YESUS dan para rasul mengusir roh karakter seseorang yang buruk, yang sering mereka lakukan adalah mengusir roh jahat. Untuk urusan karakter Paulus mengatakan, “Aku melatih tubuhku …” Ya, Anda perlu melatihnya.

Sama seperti ketika seseorang berlatih naik sepeda. Pertama kali belajar naik sepeda, hampir semua orang jatuh, namun mereka bangkit lagi, sampai akhirnya mereka bisa naik sepeda sambil melepas tangan. Arti sederhana dari kata “melatih” adalah setia melakukannya sampai kita dapat menguasainya.

Teman, orang yang tidak pernah melatih tubuhnya akan dikuasai tubuhnya. Pernahkah ada masa-masa di mana Anda tidak bisa mengendalikan amarah atau rasa cemburu Anda? Pernahkah ada masa-masa di mana Anda tidak bisa mengendalikan keinginan untuk berbuat dosa? Bahkan, pernahkah ada masa-masa di mana Anda tidak bisa mengendalikan rasa lapar atau mengantuk Anda? Jika Anda mengalami hal di atas, artinya Anda dikuasai oleh tubuh Anda.

Hanya ada satu cara melatih tubuh kita, yaitu dengan melatihnya melakukan kebenaran Firman Tuhan. Ayat 2 Timotius 3:16 mengatakan, “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.” Latih tubuh Anda untuk taat kepada Firman Tuhan. Mulailah dari hal-hal kecil, seperti memberi persepuluhan, datang tepat waktu ke gereja atau persekutuan, atau meluangkan waktu untuk merenungkan Firman Tuhan sekalipun Anda capek, banyak masalah, atau mengantuk. Suatu saat Anda akan menjadi orang-orang yang mudah mengatasi sakit hati, cemburu, marah, atau kecewa. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s