PANDANG RENDAH MASALAH ANDA

Bahan renungan:

1 Korintus 15:27 Sebab segala sesuatu telah ditaklukkan-Nya di bawah kaki-Nya. Tetapi kalau dikatakan, bahwa “segala sesuatu telah ditaklukkan”, maka teranglah, bahwa Ia sendiri yang telah menaklukkan segala sesuatu di bawah kaki Kristus itu tidak termasuk di dalamnya.

Cara kita memandang sebuah masalah, sangat menentukan bagaimana kita memberikan respons terhadap masalah tersebut. Respons adalah hasil pemikiran atau hasil dari apa yang dipercaya oleh orang tersebut. Kekalahan anak-anak TUHAN terjadi pertama kali bukan di dalam medan pertempuran, tapi di dalam pikirannya. Karena medan peperangan kita ada di dalam pikiran. Kalau kita berpikir masalah yang kita hadapi di luar kekuatan kita, jelaslah respons kita terhadap masalah tersebut adalah ketakutan dan kekuatiran. Sebaliknya, jika kita tahu bahwa masalah itu tidak melebihi kekuatan kita, kita akan berani menghadapinya.

Kabar gembiranya adalah tidak ada masalah yang melebihi kekuatan kita, karena segala sesuatunya sudah ditaklukkan di bawah kaki Kristus dan hari ini Kristus ada bersama-sama dengan kita. Teman, sebelum kita dapat memenangkan pergumulan kita, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah melihat semua masalah yang kita hadapi telah berada di bawah kaki kita.

“Saya tidak mungkin menang,” “Saya pasti kalah,” “Hal ini tidak mungkin,” “Bagimana mungkin ini bisa selesai?” Jika ini yang kita pikirkan, kekalahanlah yang akan datang kepada hidup kita. Ijinkan saya mengatakan bahwa masalah merupakan kesempatan untuk membuat Anda naik. Masalah ada bukan untuk jadi penghalang hidup kita, melainkan batu loncatan.

Hidup di dalam TUHAN bukan berarti tidak memiliki masalah, hanya saja jangan memandang terlalu tinggi atau terlalu besar masalah-masalah kita. Pandanglah rendah masalah kita. Saat seseorang membesarkan TUHAN, dia akan melihat masalah-masalahnya kecil. Sebaliknya, jika seseorang menganggap masalahnya terlalu besar, dia akan melihat TUHAN seolah kecil.

Sebelum bertanding, biasanya para petinju dipertemukan untuk tatap muka. Dalam pertemuan ini, mereka akan saling mengintimidasi satu sama lain dengan mengatakan, “Saya lebih kuat, saya pasti mengalahkan kamu,” “Saya akan jatuhkan kamu di ronde pertama,” dan lain sebagainya. Teman, kita tidak perlu melakukan itu. Karena apa pun pergumulan dan masalah kita, itu tidak sebanding dengan ROH yang ada di dalam kita, yang jauh lebih besar. Firman Tuhan telah katakan bahwa Anda dan saya adalah orang-orang yang lebih dari pemenang. (penulis: @mistermuryadi)

4 thoughts on “PANDANG RENDAH MASALAH ANDA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s