“TUNJUKKAN IMANMU DARI PERBUATANMU”

Bahan renungan:

Yakobus 2:18 Tetapi mungkin ada orang berkata: “Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan”, aku akan menjawab dia: “Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku.”

Manusia adalah makhluk respons. Setiap kali manusia memikirkan, merasakan, atau mempercayai sesuatu, manusia selalu memperlihatkan respons. Misalnya saja ketika kita tersasar. Teman, ada ciri-ciri orang tersasar, Anda pasti tahu, yaitu bertanya. Ketika kita lapar, kita mencari makanan. Bahkan ketika kita terlambat datang ke sebuah acara ada ciri-cirinya, yaitu kita terburu-buru.

Itu sebabnya bukanlah hal yang sulit untuk melihat hati atau pikiran seseorang, Firman Tuhan katakan, terpancar dari perbuatannya.

Kira-kira apa tanggapan Anda ketika bertemu dengan orang yang responsnya tidak sesuai? Contohnya: “Ah, saya sedang lapar, yuk kita main basket,” “Mata saya ngantuk sekali, mari kita naik gunung dan berpesta di sana.” Mungkin Anda akan tertawa dan kebingungan mendengarkannya.

Hal yang sama sering terjadi di dalam dunia rohani. Ketika seseorang mengatakan bahwa dia menyadari Yesus mengasihi dirinya tanpa syarat dan telah menghapuskan dosanya yang dulu, sekarang, dan akan datang, responsnya malah, “Ah, saya jadi bebas berbuat dosa sekarang, toh TUHAN tetap sayang saya,” dan orang tersebut justru jadi tinggal di dalam dosa. Responsnya tidak sesuai.

Kenapa respons manusia bisa tidak sesuai dengan apa yang ada di dalam hatinya? Firman Tuhan memastikan bahwa hal tersebut mustahil terjadi. Mari kita membaca dari Matius 7:16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri? 17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. 18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.

Tidak mungkin pohon anggur menghasilkan buah duren. Atau dengan kata lain, tidak mungkin hati yang benar menghasilkan respons yang salah. Jika respons seseorang salah, itu mengalir dari pemikiran atau hati yang salah. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

One thought on ““TUNJUKKAN IMANMU DARI PERBUATANMU”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s