BERSYUKUR KITA TIDAK HIDUP DI ZAMAN MUSA

Bahan renungan:

Bilangan 15:36 Lalu segenap umat menggiring dia ke luar tempat perkemahan, kemudian dia dilontari dengan batu, sehingga ia mati, seperti yang difirmankan TUHAN kepada Musa.

Banyak orang ingin hidup di zaman Musa beserta dengan seluruh peraturan Hukum Tauratnya. Saya tidak yakin Anda dapat bertahan hidup selama seminggu di zaman tersebut. Karena pada zaman itu, segala sesuatu dinilai berdasarkan perbuatan, bukan iman.

Mungkin Anda berpikir, “Tidak, kita harus tegakkan Hukum Taurat.” Baiklah, ijinkan saya bertanya, apakah Anda pernah marah atau melawan orang tua Anda, apakah Anda pernah mendahulukan pekerjaan dibanding TUHAN, apakah Anda pernah lupa membaca Firman Tuhan? Jika pernah, seharusnya hukuman bagi Anda adalah kutuk, tulah, dan dirajam batu.

Salah satu contoh paling mengenaskan adalah kisah di atas. Ada seorang Israel yang mengumpulkan kayu pada hari Sabat dan hukumannya adalah mati dirajam batu. Karena menurut Hukum Taurat, Bangsa Israel tidak boleh bekerja pada hari Sabat.

Kita perlu bersyukur karena Efesus 2:15a katakan melalui kematian Yesus Kristus, Ia telah membatalkan Hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya. Artinya, kini Anda tidak lagi dinilai berdasarkan perbuatan Anda, melainkan berdasarkan iman Anda (baca: apa yang Anda percayai), seperti yang dikatakan dalam Galatia 2:16.

Saya tidak katakan perbuatan Anda tidak penting. Ini yang Firman Tuhan katakan, ketika seseorang mempercayai sesuatu yang benar, dia pasti melakukan yang benar (Lukas 6:45). Ketika Anda percaya Tuhan telah mengampuni Anda, Anda akan mengampuni orang yang Anda benci. Ketika Anda percaya bahwa berkat datang dari Tuhan dan DIA yang menjamin masa depan Anda, Anda tidak takut untuk memberi persepuluhan atau pun persembahan.

Lihat, mempercayai yang benar pasti menghasilkan perbuatan atau tindakan yang benar. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s