ANDA PASTI GAGAL MELAKUKAN SELURUH HUKUM TAURAT

Bahan renungan:

Ulangan 28:58-59 Jika engkau tidak melakukan dengan setia segala perkataan hukum Taurat yang tertulis dalam kitab ini, dan engkau tidak takut akan Nama yang mulia dan dahsyat ini, yakni akan TUHAN, Allahmu, maka TUHAN akan menimpakan pukulan-pukulan yang ajaib kepadamu, dan kepada keturunanmu, yakni pukulan-pukulan yang keras lagi lama dan penyakit-penyakit yang jahat lagi lama.

Beberapa hari ini saya akan membahas mengenai Hukum Taurat. Saya sangat menyarankan Anda untuk menggali dan merenungkan kebenaran ini sebelum terburu-buru mengatakan, “Sesat.”

Banyak orang mengira bahwa Hukum Taurat itu adalah Sepuluh Perintah Allah seperti yang tertulis di Keluaran 20:1-17. Teman, itu hanya rangkumannya saja. Musa menjabarkan Sepuluh Perintah Allah menjadi 613 butir peraturan dan ketentuan. Peraturan dan ketentuan inilah yang disebut dengan Hukum Taurat. Wow! Jika Anda penasaran dengan isi Hukum Taurat, Anda bisa mengunduhnya di sini. Ambil napas panjang sebelum Anda melakukannya.

Yakobus 2:10 menegaskan ayat renungan kita hari ini, “Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya.” Tahukah Anda belum pernah ada seorang pun di muka Bumi ini berhasil melakukan seluruh Hukum Taurat, bahkan orang Farisi dan Saduki, kecuali YESUS (Matius 5:17).

Lalu, kenapa Anda berpikir Anda dapat berhasil melakukannya? Percayalah Anda tidak akan menjadi orang pertama yang berhasil memenuhinya.

Anda tahu akibat gagal melakukan seluruh Hukum Taurat? Ya, kutuk akan mengejar sampai Anda musnah (Ulangan 28:45). Tapi, bersyukurlah Efesus 2:15a mengatakan bahwa YESUS telah membatalkan Hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya. Bukan hanya itu. Galatia 3:13 katakan bahwa YESUS telah menebus kutuk Hukum Taurat. Haleluya!

“Apakah kita masih perlu melakukan Hukum Taurat?”

Sebelum saya menjawabnya, ijinkan saya bertanya, apakah Anda hafal ke-613 peraturan dan ketentuan dalam Hukum Taurat? Jika Anda tidak hafal, bagaimana mungkin Anda tahu Anda tidak sedang melanggarnya?

Teman, apakah Anda yakin dapat memenuhi seluruh hukum ini? Ingat, gagal satu, artinya gagal semuanya. Ya, pusat Hukum Taurat adalah diri Anda sendiri, jadi semua tergantung kekuatan Anda yang terbatas. Saran saya, berhentilah melakukannya, Anda bukan hanya tidak akan sanggup menjalaninya, saya yakin Anda bahkan tidak akan sanggup menghafal 613 peraturan dan ketentuan tersebut, apalagi menjalaninya secara sempurna. Maafkan keterusterangan saya.

Jadi, apakah kita masih perlu melakukan Hukum Taurat? Pertanyaan saya, “Untuk apa Anda melakukannya?” Bukankah YESUS sendiri telah membatalkannya? (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

5 thoughts on “ANDA PASTI GAGAL MELAKUKAN SELURUH HUKUM TAURAT

  1. Shalom, terima kasih untuk renungannya.. Saya pribadi merasa sangat diberkati, dan kebenaran Injil yang koh zaldy bahas tidak membuat saya ingin hidup seenaknya. Ketika saya menyadari KasihNya yang begitu dalam untuk kita, justru membuat saya ingin menceritakan ke semua orang mengenai Tuhan Yesus. Terima kasih 🙂

  2. Jawaban hagahtoday

    Shalom. Justru hal tersebut yang sedang saya lakukan, supaya setiap orang percaya dilepaskan dari belenggu Hukum Taurat. Supaya menguatkan mereka yang sedang bergumul, bahwa Hukum Taurat sudah dibatalkan. Bahwa bagian kita bukan lagi melakukan, YESUS sudah melakukannya bagi kita. Bagian kita adalah percaya dan menerima segala yang baik yang DIA sediakan bagi kita.

    Saya tidak pernah katakan Perjanjian Lama tidak penting. Sampai hari ini saya masih membaca, merenungkan, bahkan menggunakan ayat-ayat dari Perjanjian Lama di hagahtoday.com. Perjanjian Lama adalah bagian dari Alkitab yang tidak bisa dipisahkan. Tentu Anda setuju dengan hal ini.

    Melalui Perjanjian Lama (terutama bagian Hukum Taurat), kita dapat bersyukur bahwa sekarang kita hidup di zaman Kasih Karunia. Bahwa kita tidak perlu lagi hidup menurut Hukum Taurat.

    Jika Anda ingin hidup menurut Hukum Taurat, saya rasa tidak masalah, Anda bisa tetap melakukannya. Namun, seperti saya katakan, pastikan Anda hafal ke-613 peraturan dan ketentuan tersebut dan pastikan tidak ada satu pun yang Anda langgar seumur hidup Anda. Jika Anda merasa sanggup, silakan.

    Karena jelas saya tidak sanggup. Itu sebabnya saya butuh YESUS yang telah melakukan seluruh Hukum Taurat dengan sempurna.

    Banyak orang Kristen datang ke gereja, diajarkan mengenai Tuhan yang menghukum, Tuhan yang menyelidiki hati, Tuhan yang menuntut, karena mengacu kepada Hukum Taurat. Itu membuat setiap kali orang pulang dari gereja yang mereka dapatkan bukan sukacita, melainkan tekanan dan tuntutan.

    Saya teringat sebuah ayat ketika YESUS mengatakan, “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” Saya percaya YESUS bukan sedang berbicara kepada mereka yang letih lesu karena kecapekan sehabis pulang bekerja, melainkan mereka yang letih lesu karena beban Hukum Taurat. Melakukan, melakukan, melakukan 613 peraturan dan ketentuan setiap saat. Orang-orang yang merasa bersalah ketika gagal melakukannya, merasa selalu ada kurang, dan merasa selalu tidak layak di hadapan TUHAN.

    Anda lihat banyak orang ditakuti menjelang akhir zaman. Mereka dikatakan harus begini dan begitu supaya diselamatkan. Harus melakukan ini dan itu supaya masuk Sorga. Padahal YESUS sendiri mengatakan syarat masuk Sorga hanyalah percaya kepadaNYA di dalam hati dan mengaku dengan mulut (Roma 10:9-10). Tapi Hukum Taurat membuat orang berpikir ada cara lain untuk diselamatkan, yaitu dengan mengerjakan ini dan itu.

    Saya tidak katakan salah untuk melakukan hal-hal yang baik atau berbuat yang baik. Sama sekali tidak. Saya banyak menulis dalam renungan ini supaya setiap kita melakukan perbuatan baik dan menjadi terang, rajin bekerja, rajin berdoa, dan berpuasa. Namun tujuannya bukan lagi supaya dikasihi, dicintai, diberkati, disembuhkan oleh TUHAN, melainkan supaya orang lain dapat melihat YESUS melalui hidup kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s