YESUS DATANG UNTUK MENGGENAPI HUKUM TAURAT

Bahan renungan:

Matius 5:17 “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.”

Setelah beberapa hari menulis mengenai Hukum Taurat, seseorang bertanya kepada saya, “Lihat ayat ini, bukankah YESUS katakan DIA datang untuk menggenapi Hukum Taurat, bukan meniadakannya.” Ya, benar sekali. Itu sebabnya kita tidak perlu lagi menggenapinya, Yesus sudah menggenapinya.

Mari kita perhatikan perkataan YESUS ini lebih dalam.

Teman, Anda tahu bahwa ada 613 peraturan dan ketentuan dalam Hukum Taurat yang harus dipenuhi atau digenapi atau dilakukan jika Anda ingin dibenarkan, diberkati, diterima, disembuhkan, dan dikasihi oleh Tuhan? Seperti saya katakan dalam renungan kemarin, bahwa belum pernah ada orang yang berhasil melakukan Hukum Taurat dengan sempurna. Saya yakin Anda pun tidak akan sanggup. Itu sebabnya YESUS turun ke dunia untuk menggenapi seluruh Hukum Taurat.

Di dalam versi King James, ayat di atas berkata demikian, “Think not that I am come to destroy the law, or the prophets: I am not come to destroy, but to fulfil.” Perhatikan kata “fulfil”. Ya, Yesus datang untuk memenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan oleh Hukum Taurat, karena YESUS tahu tidak ada satu pun manusia yang sanggup melakukan hal tersebut.

Bagaimana YESUS tahu bahwa tidak akan ada manusia yang sanggup memenuhi seluruh Hukum Taurat? Karena DIA yang menciptakan Hukum Taurat tersebut.

Paulus menggambarkannya dengan indah dalam Roma 5:18, “Sebab itu, sama seperti oleh satu pelanggaran semua orang beroleh penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran untuk hidup.” Anda bisa membaca keseluruhan pasal supaya semakin mengerti.

Karena satu perbuatan kebenaran, yaitu YESUS memenuhi seluruh Hukum Taurat, maka kita semua tidak perlu lagi melakukannya supaya dibenarkan. Sama seperti, karena YESUS telah menebus seluruh dosa dunia (1 Yohanes 2:2), sekali untuk selamanya, kita tidak perlu lagi mempersembahkan korban sembelihan untuk menebus dosa kita. Teman, Yesus sudah menggenapi Hukum Taurat dengan sempurna. Itu sebabnya sebelum DIA menyerahkan nyawaNYA di atas kayu salib, DIA katakan, “Sudah selesai” (Yohanes 19:30).

Saya akan lanjutkan ini lebih detil dalam renungan besok. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

2 thoughts on “YESUS DATANG UNTUK MENGGENAPI HUKUM TAURAT

  1. Shalom Bang Zaldy,

    Saya Bryan

    Pertama-tama mw berterima kasih nih, byk pelajaran yg saya dapat dr hagahtoday, lebih tepatnya Tuhan memberikan pelajaran melalui bang zaldy/hagahtoday, hehe

    Saya mw tny soal hukum taurat nih, saya baca di surat-surat Paulus memang Kristen sudah tidak di bawah hukum taurat, tapi kasih karunia, juga saya pernah baca di Forum lain, bahwa kata “sebelum semuanya terjadi” dalam Matius 5:18 (Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.), menunjukan sebelum penggenapan perjanjian lama dalam diri Yesus, jadi setelah Yesus menggenapi semuanya, setelah Ia berkata “sudah selesai” maka hukum taurat juga selesai.

    Tapi saya masih tidak mengerti pada apa yang dikatakan Tuhan Yesus di Matius 5:19 : Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga

    Saya sudah sempat baca di forum yg sama, tapi saya masih belum mengerti penjelasannya

    Bang Zaldy mgkn sudah punya penjelasan mengenai ayat ini, mohon di jawab ya Bang 😀

    Thank you

    GOD bless you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s