TIDAK ADA PERBEDAAN ANTARA PERCAYA YESUS DAN MELAKUKAN SELURUH HUKUM TAURAT

Bahan renungan:

Roma 3:20-22 Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa. Tetapi sekarang, tanpa hukum Taurat kebenaran Allah telah dinyatakan, seperti yang disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-kitab para nabi, yaitu kebenaran Allah karena iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan.

Ini ayat yang sangat indah sekali bagi saya. Saya merasakan kelegaan setiap kali merenungkannya, karena saya tidak perlu lagi melakukan 613 peraturan dan ketentuan Hukum Taurat, melainkan cukup percaya kepada YESUS yang telah memenuhi seluruh Hukum Taurat dengan sempurna. Firman Tuhan katakan, “Tidak ada perbedaan.” Yes!

Mari kita perhatikan sebentar kalimat, “Tetapi sekarang, tanpa Hukum Taurat kebenaran Allah telah dinyatakan.” Banyak yang berpikir kebenaran hanya bisa ditegakkan dengan Hukum Taurat. Saya bisa mengerti ketakutan banyak orang dalam hal ini. Seseorang pernah berkata kepada saya, “Tanpa Hukum Taurat, manusia tidak memiliki pedoman untuk menjauhi dosa.”

Baiklah, mari kita melintas ke zaman sebelum Hukum Taurat. Anda ingat kisah Yusuf? Yusuf hidup ratusan tahun sebelum ada Hukum Taurat. Apakah sudah ada dosa pada zaman itu? Jelas sudah ada, Firman Tuhan yang mengatakannya. Tapi Yusuf bergaul dengan Tuhan. DIA menjadikan Tuhan sebagai pusat kehidupannya. Berkali-kali dalam Kejadian 39 dikatakan Yusuf adalah orang yang berhasil karena Tuhan menyertainya atau dengan kata lain, Yusuf berhasil karena Yusuf selalu mengandalkan Tuhan dalam hidupnya. Yusuf memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan.

Suatu hari datanglah satu ujian terbesar dalam hidup Yusuf, yaitu dia digoda oleh istri Potifar. Ini respons Yusuf yang hidup tanpa Hukum Taurat, namun bergaul karib dengan Tuhan, “Bagaimanakah mungkin aku melakukan kejahatan yang besar ini dan berbuat dosa terhadap Allah? (Kejadian 39:9).”

Anda lihat, tanpa Hukum Taurat, kebenaran Tuhan dapat tetap dinyatakan. Yusuf sadar bahwa dosa itu berbahaya bagi hidupnya. Bagaimana caranya? Karena matanya tertuju kepada Tuhan, yang kini kita kenal dalam nama YESUS.

Teman, jika Anda memiliki hubungan yang erat dengan Tuhan, maka Anda akan membenci yang Tuhan benci dan mencintai yang Tuhan cintai. Tanpa hubungan pribadi dengan Tuhan, Anda akan mencintai yang Tuhan benci, dan membenci yang Tuhan cintai.

Jadi, Anda dapat memilih dua cara hidup, yaitu hidup menurut Hukum Taurat yang sempurna dan berat, atau hidup percaya kepada Yesus (baca: memiliki hubungan intim). Yesus telah menggenapi Hukum Taurat, karena itu melalui kematianNYA, DIA telah membatalkan perjanjian yang dibuat dengan Hukum Taurat (Efesus 2:15a). Atau dengan kata lain, Anda tidak perlu lagi melakukan 613 peraturan dan ketentuan Hukum Taurat untuk diberkati, disembuhkan, atau pun dikasihi Tuhan. Anda cukup percaya kepada YESUS. Firman Tuhan katakan, “Tidak ada perbedaan.” (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s