TUJUAN HUKUM TAURAT DIBERIKAN

Bahan renungan:

Roma 3:19-20 Tetapi kita tahu, bahwa segala sesuatu yang tercantum dalam Kitab Taurat ditujukan kepada mereka yang hidup di bawah hukum Taurat, supaya tersumbat setiap mulut dan seluruh dunia jatuh ke bawah hukuman Allah. Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.

Banyak orang berpikir tujuan Hukum Taurat diberikan adalah supaya menuntun mereka ke dalam jalan kebenaran. Firman Tuhan tidak mengatakan demikian. Firman Tuhan justru katakan, karena Hukum Taurat, orang mengenal dosa.

Ya, mungkin Anda sedikit shock membaca hal ini. Tetapi, bukan saya yang menuliskannya, melainkan Firman Tuhan.

Teman, Anda masih ingat renungan dua hari lalu, bahwa Hukum Taurat diberikan karena kesombongan manusia? Karena manusia merasa dapat mencapai standar yang Tuhan berikan tanpa bantuan Tuhan. Dan, kita semua tahu, tidak pernah ada manusia yang berhasil melakukan seluruh Hukum Taurat, kecuali YESUS.

Karena kesombongan manusia, Tuhan memberikan Hukum Taurat. Kitab Roma 3:19-20 katakan, “Supaya tersumbat setiap mulut dan seluruh dunia jatuh ke bawah hukuman Allah.” Apa arti semuanya ini? Yang pertama, supaya manusia tidak merasa bisa tanpa Tuhan. Anda tahu terkadang dengan mulut kita, kita seolah bisa menjadi superman, bahkan Tuhan? Kita merasa yang paling benar, paling pintar, paling hebat, padahal semua yang baik yang ada di dalam hidup kita berasal dari Tuhan. Percayalah teman, kita bukan apa-apa tanpa Tuhan.

Kedua, supaya manusia mengakui kedaulatan Tuhan. Supaya manusia tahu bahwa dirinya butuh Juruselamat. Teman, tanpa Seorang Juruselamat, yaitu YESUS, Anda dan saya tidak akan pernah diselamatkan. Banyak orang menjadi Tuhan atas dirinya sendiri. Tapi kita semua tahu bahwa setiap orang butuh YESUS. Manusia tidak bisa menyelamatkan dirinya sendiri. Hanya YESUS yang menyelamatkan.

Hukum Taurat diberikan supaya Bangsa Israel menyadari mereka tidak bisa hidup tanpa TUHAN. Mereka butuh Jurselamat. Mereka tidak bisa hidup dan dibenarkan dari perbuatan mereka, melainkan dari kasih karunia TUHAN semata. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s