KRISTUS MEMERDEKAKAN KITA DARI KUTUK HUKUM TAURAT

Bahan renungan:

Galatia 3:13-14 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!” Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.

Beberapa waktu lalu kita merayakan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Saya percaya bagi beberapa orang ini merupakan hari yang sangat berkesan, karena 70 tahun yang lalu, Indonesia akhirnya dapat berdiri sebagai bangsa yang merdeka dari para penjajah.

Teman, tahukah bahwa Anda pun telah dimerdekakan dari kutuk Hukum Taurat 2000 tahun lalu ketika YESUS memberikan diriNYA di atas kayu salib? Anda tidak lagi hidup di dalam kutuk, Kristus telah memerdekakan Anda. Sayangnya, banyak orang yang masih memilih hidup di dalam belenggu Hukum Taurat.

Waktu Tuhan bertemu dengan Musa di dalam Ulangan 11:26-28, Tuhan berkata, “Lihatlah, aku memperhadapkan kepadamu pada hari ini berkat dan kutuk: berkat, apabila kamu mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini; dan kutuk, jika kamu tidak mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, dan menyimpang dari jalan yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain yang tidak kamu kenal.”

Ya, Tuhan memberikan berkat dan kutuk kepada Bangsa Israel pada hari itu.

Berita sukacitanya adalah kutuk Hukum Taurat telah ditebus melalui kematian YESUS. Atau dengan kata lain, YESUS telah menggenapi seluruh Hukum Taurat dan menanggung setiap kutuk yang diakibatkan oleh Hukum Taurat jika Anda melanggarnya. Itu sebabnya, kini, tidak ada perbedaan antara percaya kepada YESUS dan menjalani seluruh Hukum Taurat dengan sempurna. Namun seperti saya katakan, belum pernah ada yang berhasil menjalani seluruh Hukum Taurat. Saya pribadi lebih memilih percaya YESUS, daripada harus menjalani seluruh Hukum Taurat.

Mari kita kembali ke topik bahasan kita hari ini.

Jika Yesus telah menebus kutuknya, berarti yang tersisa adalah? Ya benar, berkatnya. Itu sebabnya ayat ini dilanjutkan dengan kalimat, “… supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain.” Haleluya!

Apa saja berkat Abraham? Panjang umur, sehat, berkelimpahan, memiliki istri yang cantik dan baik, dan masih banyak lagi. Ya, berkat tersebut adalah bagian Anda ketika Anda hidup percaya kepada Kristus. DIA memilih mati miskin, supaya kita yang miskin dapat berkata, “Aku kaya.” Percaya kepada Kristus artinya Anda memilih hidup menurut cara Kristus. (penulis: @mistermuryadi)

3 comments

  1. Kabar sukacita….
    Kabar sedihnya anak2 Tuhan byk yg tidak setuju dilepaskan dr kutuk hukum taurat.
    Dengan cara mncari kebenaran dgn jln melakukan taurat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.