“DI MANA HARTAMU BERADA, DI SITU HATIMU BERADA”

Bahan renungan:

Matius 6:21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

Apa yang kita paling anggap berharga, di situlah kita taruh fokus hidup kita. Ada orang yang mengganggap uang yang paling berharga, itu sebabnya mereka rela menghabiskan seluruh hidupnya demi mengejar uang. Bahkan mereka rela keluarga mereka demi uang.

Saya tidak katakan bekerja itu salah, tapi kalau pekerjaan sampai membuat Anda meninggalkan ibadah, persekutuan atau bahkan hubungan pribadi Anda dengan Tuhan, saya percaya TUHAN tidak memberikan Anda pekerjaan supaya Anda menjadi semakin jauh dariNYA.

Mungkin Anda tidak setuju dengan saya dan berkata, “Tapi, saya kan bekerja mati-matian untuk keluarga.” Kalau hal tersebut benar, seharusnya ada saat-saat di mana Anda menikmati hasil pekerjaan tersebut bersama keluarga.

Saya teringat kisah tentang anak yang hilang. Sebelum anak ini pergi meninggalkan rumah ayahnya, anak ini meminta warisan, padahal ayahnya belum meninggal. Anak bungsu ini menghamburkan harta ayahnya dan setelah habis, anak ini kembali kepada ayahnya.

Kita perlu belajar dari respons si ayah.

Ayah ini kaya dan memiliki banyak harta, namun bagi ayah ini, anaknya jauh lebih penting daripada hartanya. Saat dia melihat anaknya kembali, dia berlari kemudian mendekap anaknya. Ayahnya sama sekali tidak bertanya sedikit pun mengenai harta yang telah dihabiskan sang anak. Sang ayah jauh lebih peduli kepada anaknya daripada kepada hartanya.

Teman, renungkanlah kepada apa atau siapa kita taruh fokus hidup kita hari ini. Apakah itu kepada TUHAN atau kepada hal-hal lain seperti uang, pekerjaan, atau manusia lain? Sekali lagi saya tidak katakan hal-hal selain TUHAN itu salah. Yang saya maksud, jangan sampai Anda meletakkan hal-hal tersebut lebih utama dibandingkan TUHAN. Jika Anda menjadikan TUHAN sebagai “harta” Anda, percayalah Anda tidak akan pernah dikecewakan. (penulis: @mistermuryadi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.