BERHENTI BELAJAR SAMA DENGAN BERHENTI BERTUMBUH

Bahan renungan:

Amsal 15:32 Siapa mengabaikan didikan membuang dirinya sendiri, tetapi siapa mendengarkan teguran, memperoleh akal budi.

Ada ciri-ciri dari orang yang tidak tahu, yaitu dia akan bertanya. Ada ciri-ciri orang tidak bisa, yaitu dia akan belajar. Bahkan orang tersasar di jalan saja ada ciri-cirinya, yaitu dia akan bertanya ke orang lain jalan yang benar.

Jika Anda pergi ke Singapura dan Anda merasa salah jalan, kira-kira apa yang akan Anda lakukan? Tentu saja bertanya. Jika Anda tahu Anda salah jalan, namun Anda diam saja dan terus melanjutkan perjalanan, itu artinya Anda tidak peduli kalau Anda sedang tersasar. Lucunya banyak orang yang berkata tidak tahu, namun tidak mau bertanya, dan banyak orang mengaku tidak bisa, namun tidak mau belajar. Kedua hal tersebut adalah gejala dari orang yang tidak peduli (ignore).

Teman, teguran dan nasehat orang lain tidak selalu enak. Kadang kita merasa sebal atau marah ketika ada orang lain mengoreksi hidup kita. Namun perlu kita sadari bahwa proses belajar berlangsung seumur hidup. Yang artinya, kita tidak akan pernah sampai kepada satu titik di mana dapat mengetahui dan menguasai semua yang ada di dunia ini. Sekali waktu pasti ada hal yang salah yang kita perbuat dan hal tersebut mungkin mendatangkan kritikan, teguran, atau nasehat dari orang lain.

Itu sebabnya, penting sekali memiliki mental Saya-Mau-Terus-Belajar dalam hidup kita. Pertumbuhan karakter Anda akan berhenti di saat Anda memutuskan berhenti belajar. Saya perjelas. Pertumbuhan karakter Anda akan berhenti di saat Anda memutuskan untuk tidak mau lagi mendengar dan menerima koreksi, teguran, atau nasehat.

Hiduplah dalam kerendahan hati. Firman Tuhan yang kita baca hari ini mengatakan bahwa ketika kita mau mendengar didikan, teguran, dan nasehat, kita sedang membangun diri kita ke arah yang lebih baik. Teman, kritikan dan teguran adalah ‘alat’ yang dapat membuat karakter kita semakin dewasa. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s