KEJAR HAL-HAL YANG MENDATANGKAN DAMAI SEJAHTERA

Bahan renungan:

Roma 14:19 Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun.

Saya bisa mengerti budaya kita, saat ada sesuatu seperti gosip, perkelahian, sengketa, dan lain sebagainya, kita cenderung suka dengan hal itu. Kita menganggap hal tersebut seru untuk diikuti perkembangannya. Namun di sisi lain, Anda juga harus menyadari jika hal tersebut tidak mendatangkan damai sejahtera, saya bisa pastikan hal tersebut tidak akan membangun iman Anda. Malah sebaliknya, Anda dapat terjebak dan terbawa emosi ke dalam situasi tersebut.

Misalnya, ada dua orang berkelahi di pinggir jalan. Kita cenderung menonton dari kejauhan. Kita berpikir seru sekali kalau sampai mereka pukul-pukulan. Tapi tahukah Anda bahwa sebagian orang yang menonton perkelahian seperti itu jadi memiliki kecenderungan untuk ikut berkelahi? Terutama jika kita melihat salah satu pihak dipukuli dengan tidak adil. Awalnya Anda akan merasa kasihan, lalu mulai membicarakan pihak yang curang atau tidak adil dan ingin membantu yang dicurangi, dan kalau Anda jadi membantunya, kemungkinan besar Anda akan terlibat di dalam perkelahian itu. Padahal Anda sama sekali tidak terlibat di dalam masalah tersebut.

Lalu, apa sikap yang paling tepat? Anda memiliki dua pilihan. Pertama, sebelum berkepanjangan, langsung melerai kedua pihak tersebut dan menjadi penengah, atau jika Anda tidak berniat melakukan itu, sebaiknya Anda pergi dari kerumunan, jangan menontonnya.

Anda hanya akan membuang-buang waktu, tenaga, pikiran, bahkan IMAN Anda saat Anda membiarkan diri Anda terlibat di dalam hal-hal yang tidak mendatangkan damai sejahtera. Tidak ada hal negatif yang mendatangkan kebaikan. Percayalah! Saya ingin meyakinkan Anda, pastikan kita hanya mengejar hal-hal yang mendatangkan damai sejahtera dan berguna untuk saling membangun. Bukan hal-hal yang hanya memuaskan keinginan, napsu, atau penasaran kita saja. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

2 thoughts on “KEJAR HAL-HAL YANG MENDATANGKAN DAMAI SEJAHTERA

  1. setuju, saya jg semakin tidak damai sejahtera walau membaca gosip artis saja. tapi soal melihat perkelahian, ada baiknya semua orang memiliki no hp kantor polisi setempat dan melaporkan kejadian, karna kalau dilerai tdk mungkin melerai orang emosi kita bs terikut, mengabaikan jg tidak tega.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s