BELUM MELIHAT, NAMUN PERCAYA

Bahan renungan:

Kejadian 12:1-2 Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: “Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.

Jika pertanyaan yang sama datang kepada Anda hari ini, kira-kira apa respons Anda? Pertama kali TUHAN memanggil Abram, TUHAN tidak memberitahukan kepada Abram di mana letak negeri yang dijanjikan itu. Bahkan TUHAN tidak memberitahukan ke mana Abram harus pergi. TUHAN hanya mengatakan supaya Abram pergi dari negerinya, dari sanak saudaranya, dan dari rumah bapanya.

Tidak seperti Abram, seringkali manusia berpikir suara TUHAN atau Firman TUHAN tidaklah cukup untuk membuat kita percaya kepada TUHAN. Di dalam ketidakpercayannya, manusia sering berpikir butuh hal yang lain untuk menguatkan apa yang dia baca, dengar, atau dapatkan dari Firman Tuhan. Padahal kita semua tahu bahwa Firman Tuhan adalah TUHAN sendiri (Yohanes 1:1).

Teman, marilah kita belajar untuk percaya kepada TUHAN seperti Abram. Sekalipun Abram belum melihat apa pun dengan matanya saat janji tersebut diberikan, namun dia mau percaya kepada suara TUHAN (Firman Tuhan). Buat Abram, suara TUHAN adalah bukti yang lebih dari cukup untuk membuat kakinya melangkah ke negeri yang dijanjikan.

Abram percaya ketika TUHAN mengucapkan sesuatu baginya, itu pasti terjadi. Abram tidak meragukan sedikit pun janji TUHAN kepadanya. Abram memulai perjalanan IMAN-nya bersama TUHAN tanpa melihat bukti dengan mata jasmani. Namun di dalam IMAN-nya, janji itu sangat nyata baginya. (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s