BERULANG-ULANG MENGAJAR ANAK KITA

Bahan renungan:

Ulangan 6:7 haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.

Seorang ibu bertanya, “Kenapa anak saya sulit diajar? Padahal dia sudah memiliki kakak rohani di gereja.” Saya bertanya, “Seberapa sering ibu mengajarkan kepada dia hal-hal yang baik dan seberapa sering ibu mencontohkannya lewat kehidupan ibu?” Sang ibu terdiam dan tidak menjawab lagi.

Teman, perhatikan kata-kata di atas, “Haruslah engkau mengajarkannya …” Lihat, bukan orang lain, tapi kita sebagai orang tua. Seringkali kita pikir, “Yang penting anak saya sudah saya taruh di sekolah yang mahal, yang penting saya sudah titip ke neneknya,” dan lain sebagainya. Banyak orang lupa bahwa pahlawan atau panutan seorang anak adalah orang tuanya, bukan orang lain.

Ya, suka atau tidak suka, anak-anak meniru kehidupan Anda. Sekalipun dia dikelilingi oleh puluhan orang yang paling baik di muka Bumi ini, anak-anak Anda tetap akan meniru Anda. Jadi sumber ilmu terbaik untuk mengajarkan anak-anak Anda adalah Anda sendiri, bukan orang lain.

Kemudian ayat di atas dilanjutkan, ” … berulang-ulang.” Teman, ini adalah kata yang sangat penting untuk mengajar anak Anda, yaitu tidak bisa satu atau pun seratus kali, melainkan harus berulang-ulang.

Itu sebabnya di sebagian gereja ada ibadah penyerahan anak. Tujuannya adalah sebuah bentuk komitmen dari kedua orang tua untuk membesarkan anaknya dengan cara Firman Tuhan. Teman, cara termudah mengajar anak kita bukan dengan mulut atau nada suara yang tegas, melainkan melalui teladan yang sesuai Firman Tuhan yang kita lakukan berulang-ulang. Lihat, perkataan selanjutnya dari ayat di atas bukan tentang anak Anda, melainkan tentang Anda.

Intinya, kunci keberhasilan anak Anda tidak tergantung dari apa yang Anda lakukan untuk anak Anda saja, tetapi juga dari apa yang Anda lakukan bagi kehidupan Anda. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s