PERBEDAAN ANTARA BUDAK DAN ANAK

Bahan renungan:

Galatia 3:26 Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus.

Ketika Anda dan saya menerima Yesus sebagai TUHAN dan Juruselamat, kita bukan hanya diselamatkan, tapi terjadi sebuah perubahan status dari BUDAK menjadi ANAK. Hal ini penting sekali untuk kita mengerti. Karena selama ini iblis berusaha membuat kita merasa sebagai budak. Kita dibuat merasa tidak layak menerima kebaikan dan kemurahan TUHAN. Iblis selalu membuat kita merasa tertuduh dan membuat kita semakin jauh dari kasih TUHAN.

Firman TUHAN katakan sebaliknya. Sebagai anak-anak TUHAN, justru kita berhak untuk hidup dalam kesehatan, berkat, dan menikmati semua kebaikan dan kemurahanNYA. Saya katakan BERHAK. Ya, itu adalah hak Anda di dalam Kristus. Galatia 4:7 berkata, “Jadi kamu bukan lagi hamba, melainkan anak; jikalau kamu anak, maka kamu juga adalah ahli-ahli waris, oleh Allah.”

Ada perbedaan besar antara budak dan anak. Saya akan beri ilustrasi. Seandainya orangtua Anda di rumah memiliki pembantu dan pembantu itu diminta untuk menjaga rumah. Namun karena diajak pergi oleh pacarnya, pembantu tersebut memutuskan meninggalkan rumah dengan harapan orangtua Anda tidak mengetahuinya. Ketika rumah ditinggal, terjadi kebakaran hebat yang mengabisi 20% isi rumah karena sang pembantu lupa mematikan kompor. Anda bisa bayangkan apa yang akan terjadi terhadap pembantu itu ketika orangtua Anda pulang? Kemungkinan besar akan dipecat atau dilaporkan ke pihak berwajib.

Hubungan antara orangtua Anda dan si pembantu akan putus saat itu juga. Sekarang, mari kita ganti posisi si pembantu tersebut dengan Anda yang adalah anak. Jika Anda yang melakukan hal tersebut dan membuat kesalahan yang sama fatalnya terhadap rumah orangtua Anda, kira-kira apakah orangtua Anda akan memutuskan hubungan dengan Anda? Tentu saja tidak. Mau diputuskan bagaimanapun, Anda tetap darah daging dari orangtua Anda.

Teman, hari ini pastikan Anda menyadari bahwa Anda adalah anak-anak kesayangan TUHAN. Apa pun yang Anda lakukan tidak akan membuat TUHAN berhenti untuk mengasihi Anda. DIA adalah Bapa yang baik yang selalu rindu untuk menantikan Anda kembali ke pelukanNYA. Tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang dapat memisahkan kasih BAPA kepada Anda (Roma 8:35). (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s