ARTI TATAPAN YESUS KEPADA PETRUS

Bahan renungan:

Lukas 22:60-61 Tetapi Petrus berkata: “Bukan, aku tidak tahu apa yang engkau katakan.” Seketika itu juga, sementara ia berkata, berkokoklah ayam. Lalu berpalinglah Tuhan memandang Petrus. Maka teringatlah Petrus bahwa Tuhan telah berkata kepadanya: “Sebelum ayam berkokok pada hari ini, engkau telah tiga kali menyangkal Aku.”

Petrus menyangkal YESUS tiga kali dan mengutukNYA sesaat setelah dia berjanji untuk pergi kemana pun YESUS pergi. Di saat ayam jantan berkokok, YESUS memandang kepada Petrus. Entah kenapa orang selalu berpikir ini adalah tatapan yang penuh dengan tuduhan dan penuh dengan amarah dari Yesus kepada Petrus. Kalau Anda juga berpikir seperti itu, Anda salah besar.

YESUS tidak memandang kepada Petrus seolah berkata, “Lihat, akhirnya kamu menyangkal AKU juga” atau “Petrus, seperti inikah yang kamu membalas segala kebaikanKU?” Saya bersyukur YESUS tidak melakukan itu. Jika tatapan YESUS adalah tatapan penuh dengan tuduhan, saya sangat yakin, Petrus tidak akan pernah kembali lagi kepada YESUS seumur hidupnya karena rasa bersalah yang begitu dalam.

Anda bisa bayangkan jika TUHAN semesta alam menjadi lawan Anda, ke mana Anda akan pergi mencari pertolongan?

Teman, saya ingin katakan bahwa tatapan YESUS kepada Petrus adalah tatapan penuh kasih dan pengampunan. Melalui tatapanNYA YESUS seolah berkata, “Petrus, ingatlah, AKU tetap mengasihimu sekalipun kamu meninggalkanKU” dan “Petrus, ingatlah, bahwa AKU yang memilihmu, dan rencanaKU atas hidupmu tidak pernah gagal.” Haleluya! Itulah arti tatapan YESUS kepada Petrus.

Tidak peduli seberapa hebat kesalahan Anda, TUHAN tidak pernah datang dengan penghukuman atau pun penghakiman kepada Anda (Roma 8:1). Tidakkah Anda menyadari betapa DIA mengasihi Anda? Mata TUHAN menjelajah seluruh Bumi bukan untuk mencari dan menghukum mereka yang berdosa, melainkan untuk mencurahkan kasih sayang dan pengampunan bagi mereka yang membutuhkan. Ya, DIA sangat mengasihi Anda. (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s