JANGAN MENGURUSI URUSAN ORANG LAIN

Bahan renungan:

Yohanes 21:22 Jawab Yesus: “Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku.”

Kepo mungkin ungkapan yang tepat untuk peristiwa di atas. Sesaat setelah YESUS bangkit, YESUS menemui murid-muridnya di tepi pantai ketika mereka sedang menjala ikan. Saat mereka selesai melahap ikan dan sedang berbincang-bincang, Petrus bertanya kepada YESUS mengenai akhir hidup Yohanes, murid yang “paling dikasihi.” Respons YESUS sangat sederhana, “Itu bukan urusanmu.”

Teman, seringkali kita lebih suka mengurusi masalah orang. Bahkan ketika mendengar Firman TUHAN beberapa orang sering berkata dalam hatinya, “Ah, Firman Tuhan ini cocok sekali untuk dia, pasti dia kena templak.” Untuk urusan kebenaran Firman TUHAN mari kita fokus terlebih dahulu dengan diri kita sendiri. Pastikan diri kita menerima setiap kebenaran yang ditulis oleh ALKITAB. Itulah yang YESUS katakan kepada Petrus, “Itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: Ikutlah AKU.” Urusan kita adalah mengikut YESUS, mempercayaiNYA dengan segenap hati kita, mengandalkanNYA dalam setiap keputusan dan situasi yang kita hadapi. Itu urusan kita yang utama dalam konteks ini.

Jangan Anda pikirkan bagaimana nasib si itu, bagaimana kelanjutan kisah cinta si itu, dan lain sebagainya, kecuali Anda bermaksud menolong atau membantu orang-orang tersebut menyelesaikan masalah mereka. Jika hanya untuk sekadar tahu, sekadar dapat informasi lebih dulu dibanding yang lain, sekadar jadi bahan gosip, atau sekadar jadi bahan obrolan saat makan siang, sebaiknya Anda tidak mengurusi masalah orang lain. YESUS dengan tegas menyatakannya dalam ayat renungan kita di atas. Teman, mari kita arahkan fokus hidup kita kepada YESUS, bukan kepada urusan orang lain. Fokuskan perhatian kita kepada apa yang YESUS ingin kita lakukan, bukan kepada urusan orang lain. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s