AMPUNILAH ORANG YANG BERSALAH KEPADA ANDA

Bahan renungan:

Matius 5:43-44 Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

Apa perbedaan seorang Kristen dan non-Kristen jika seorang non-Kristen sulit mengampuni dan orang Kristen pun sama sulit mengampuni? Pada akhirnya yang membedakan hanyalah kalung dan gelangnya yang saja. Yang Kristen menggunakan embel-embel salib, yang satunya menggunakan bandul bulan bintang.

Teman, seharusnya ada perbedaan yang nyata antara kita dengan dunia ini. YESUS telah mengampuni segala dosa dan pelanggaran kita. DIA menanggung seluruhnya. Seharusnya kita yang hidup di dalam YESUS adalah orang yang paling mudah mengampuni orang lain.

Mungkin Anda berpikir, “Kamu tidak tahu apa yang telah dia lakukan terhadap saya.” Tapi di sisi lain, saya sangat percaya Firman Tuhan bukanlah sekadar teori yang tidak bisa kita praktekkan. Dan, saya memilih untuk tetap berpegang dan percaya kepada Firman Tuhan bahwa separah atau sehebat apa pun kesalahan yang orang lain lakukan terhadap Anda, Anda bisa mengampuninya di dalam YESUS. Firman Tuhan telah mengatakannya dan itu artinya bisa Anda lakukan.

Salah satu alasan kita sulit mengampuni orang yang bersalah kepada kita karena kita mencoba membandingkan kesalahan orang itu dengan kesalahan kita. Kita berpikir dosa orang lain lebih besar dari kita, sehingga mereka tidak layak diampuni. Akhirnya, kita membenarkan benci dan marah kita.

Teman, jika Anda membandingkan dengan cara di atas, tentu saja semua orang pasti akan merasa kesalahannya yang lebih kecil. Anda menggunakan metode yang salah. Seharusnya Anda menghitung seberapa besar dosa dan pelanggaran Anda yang telah diampuni oleh YESUS. DIA telah menanggung seluruhnya tanpa sedikit pun menagih bayaran kepada Anda. DIA mengampuni segudang kesalahan Anda dan memberikan Anda damai dan sukacita tanpa syarat.

Jika Anda menyadari betapa besar dosa yang YESUS tanggung dan betapa besar pengorbanan yang DIA berikan untuk Anda, Anda tidak akan kesulitan mengampuni dosa ‘musuh’ Anda. Jika hutang Anda sebesar 1 miliyar rupiah telah dibebaskan tanpa syarat dan tanpa bunga, apakah menurut Anda sebuah tindakan yang benar menyiksa orang yang berhutang kepada Anda sebesar 10 juta rupiah? (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s