DAPATKAH JANJI TUHAN DIBATALKAN?

Bahan renungan:

Roma 3:3-4a Jadi bagaimana, jika di antara mereka ada yang tidak setia, dapatkah ketidaksetiaan itu membatalkan kesetiaan Allah? Sekali-kali tidak!

Sekalipun Anda meninggalkan Tuhan, Tuhan tidak pernah meninggalkan Anda. Kita mengenalnya sebagai Tuhan yang setia. Urusan kesetiaan, Anda tidak perlu meragukanNYA. Saya tidak pernah melihat ada pribadi yang setia mengasihi manusia selama lebih dari 7000 tahun, selain TUHAN yang kita sembah.

Suatu hari seorang bertanya, “Jika kita tidak setia, apakah janji Tuhan dibatalkan di dalam hidup kita?” Teman, Tuhan tidak pernah membatalkan janjiNYA. Firman Tuhan bahkan telah menegaskan, “Sekali-kali tidak!”

“Lalu, kenapa ketika saya meninggalkan DIA, saya tidak menerima janji tersebut?”

“Oh, kalau seperti itu ceritanya, bukan Tuhan yang membatalkan janjiNYA, melainkan Anda yang menolak janjiNYA. Anda yang tidak menginginkan janjiNYA. Anda yang pergi dariNYA.”

Saya mengerti bahwa kebanyakan orang menginginkan untuk tetap menikmati janji Tuhan sekalipun mereka pergi meninggalkan Tuhan. Mari kita lihat ilustrasi ini. Anda ingat akan kisah anak yang hilang (Lukas 15:11-32)? Ketika dia berada di rumah bapanya, dia tidak kekurangan apa pun, bahkan kita tahu dia pergi meninggalkan rumah bapanya dengan harta yang melimpah ruah. Namun, di negeri yang jauh itu dia semakin hari semakin melarat, sampai akhirnya harus makan ampas babi.

Menurut Anda, apakah itu artinya Tuhan yang membatalkan janjiNYA? Tentu saja tidak. Si bungsu yang memutuskan pergi meninggalkan rumah bapanya. Di akhir cerita, sang anak kembali, dan hasilnya, dia kembali menikmati semua milik bapanya. Di rumah Bapa kita, kita dapat menikmati semua yang baik yang telah DIA sediakan. Di luar sana, Yesus katakan hanya ada air mata dan kertak gigi. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s