YESUS HANYA MENCERITAKAN KABAR BAIK

Bahan renungan:

Lukas 4:18-19 “Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.”

Ayat di atas dilanjutkan dengan kalimat, “Kemudian Ia menutup kitab itu …” Oh, perkataan ini begitu memberkati saya. Saya bersyukur Yesus tidak melanjutkan pembacaan ayat yang DIA kutip dari Yesaya 61:1-2. Tahukah Anda ada sepenggal kalimat yang Yesus tidak bacakan? YESUS lebih memilih menutup kitab tersebut daripada membacakannya.

Kalimat itu berbunyi, ” … dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung.”

Anda tahu alasan YESUS tidak membacakan ayat tersebut sampai habis? Tentu saja bukan karena waktunya tidak cukup, melainkan karena DIA datang ke dunia hanya untuk menceritakan kabar baik dan setiap orang yang percaya kepadaNYA tidak akan mengalami hari pembalasan Tuhan dan tidak akan pernah berkabung.

Teman, saya mau membuat sebuah pernyataan yang saya harap tidak membuat Anda shock. Tidak semua cerita atau kisah yang Anda baca atau dengar di Alkitab merupakan berita sukacita atau kabar baik yang dapat membangkitkan iman Anda. Anda perlu selektif dalam membaca atau merenungkan bagian-bagian dalam Alkitab. Ini alasan Paulus menulis Roma 10:17 bahwa IMAN timbul dari pendengaran akan Firman Kristus. Perhatikan, tidak dikatakan Firman Tuhan.

“Tapi, bukankah semua yang tertulis di Alkitab adalah Firman Tuhan?” Ya, saya tidak meragukan hal tersebut sedikit pun. Saya percaya semua kata, bahkan huruf, yang ada di Alkitab adalah Firman Tuhan seutuhnya. Yang saya katakan di atas adalah tidak semua isi Alkitab merupakan kabar baik yang dapat meneguhkan iman Anda. Jika Anda membaca kisah di mana Tuhan menghukum Bangsa Israel pada zaman Hukum Taurat, hal tersebut tidak akan menguatkan IMAN Anda, melainkan Anda akan ketakutan, bahkan membuat Anda berpikir kalau Tuhan akan menghukum Anda akibat dosa dan pelanggaran Anda. Padahal semua hukuman akibat dosa dan pelanggaran kita telah ditanggung oleh Tuhan Yesus.

Kabar baik yang saya temukan di Alkitab bisa Anda baca di ayat-ayat berikut: Yeremia 29:11, Yohanes 3:16, Ibrani 13:5b, Efesus 3:20, Kolose 2:13-15, Roma 5:8-9, Roma 8:1, Mazmur 23, Mazmur 91, dan masih banyak lagi, Anda bisa mencarinya sendiri. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s